Dispora  Dogiyai Gelar Porseni dalam Rangka Tingkatkan Minat Bakat

0
1116

DOGIYAI, SUARAPAPUA— Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariswisata Kabupaten Dogiyai gelar Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) untuk tingkatkan minat dan bakat  siswa yang terpendam bagi siswa di Kab. Dogiyai, Papua. 

Anton Iyowau Asisten I pemerintah Kabupaten Dogiyai dalam sambutannya mengatakan pemerintah kabupaten Dogiyai, sangat mendukung kegiatan porseni. Karena kegiatan ini mengangkat, menata, membimbing dan mendidik anak-anak di kabupaten Dogiyai.

Menurutnya, yang terpenting adalah sumber  daya manusia (SDM) yang harus dikembangkan. Sehingga Dispora harus melatih siswa yang mempunyai minat dan bakat agar mereka bisa tekuni bakat yang dimilikinya.

“Dispora harus melihat sasaran anak didik kami,  dibidang olahraga dan seni harus berperan dalam mencari minat dan bakat dengan siswa dan juga dengan masyarakat,” kata Iyowau, Kamis (09/6/2016) di Dogiyai, Papua.

Iyowau mengajak peserta didik yang hadir harus menemukan dan menekuni bidang olehraga dan seni agar 10 atau 20 tahun mendatang  anak-anak akan merasakan minat dan bakat.

Hal yang harus menjadi capaian adalah anak-anak kabupaten dogiyai dapat menekuni bidang yang menjadi bakat sehingga bersama mewujudkan Dogiyai dou enaa. Tagasnya saat membuka acara porseni di balai aula pemkab Dogiyai.

Harapanya, Dispora dapat mendidik masyarakat yang mempunyai bakat agar dapat berkiprah di luar Dogiyai.

Tenislaus Agapa, Ketua Panitia penyenlengara Porseni mengatakan sasaran kegiatan ini ditujukan kepada siswa semua jenjang pendidikan yang ada di Kabupaten Dogiyai.

“Target yang ingin dicapai kembangkan semangat peserta didik lewat kegiatan olahraga dan seni demi terbentuk watak kepribadian yang baik, demi tercapai kualitas manusia Indonesia yang andal dan bermuta dalam membangun kabupaten Dogiyai” Kata Agapa

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, Kamis-Sabtu, lomba-lomba yang akan digelar yaitu: Puisi tingkat Sekolah Dasar (SD), digelar tanggal 9 Juni 2016,  Pidato tingkat SMP, SMA dan SMK akan di gelar hari Jumat  10 Juni 2016, Lari Maraton SD, SMP, SMA dan SMK akan digelar hari sabtu 11 Juni 2016. Semua lomba yang akan digelar pesertanya yang telah mendaftar terlebih dahulu pada panitia pelaksana.

Pewarta: Agustinus Dogomo

Editor: Arnold Belau