HUT Kemerdekaan Indonesia ke-71, KNPB Lantik Pengurus KNPB Wilayah Port Numbay

2
2824

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Pada 17 Agustus 2016 di saat mayoritas masyarakat Indonesia peringati hari kemerdekaan Indonesia ke-71, Komite Nasional Papua Barat (KNPB) melantik 23 pengurus sektor dan 9 pengurus sub sektor wilayah Port Numbay, Jayapura, Papua.

Kepada suarapapua.com, Ones Suhuniap mengatakan, KNPB Pusat telah melantik badan pengurus KNPB wilayah Numbay yang terdiri dari 23 sektor dan 9 sub sektor dari wilayah Expo sampai di Abe Pantai dan dari Skyland sampai di Pasir Dua, Jayapura.

“Pelantikan 23 pengurus ini dilakukan pada hari Rabu 17  Agustus 2016 di halaman sekretariat KNPB pusat. Pelantikan ini dilakukan dalam ibadah terbuka yang dihadiri seluruh pengurus KNPB pusat dan KNPB Numbay, serta 23 pengurus sektor bahkan juga seluruh anggota KNPB wilayah Sentani, wilayah Numbay dan KNPB pusat yang berdomisili di wilayah Jayapura dan sekitarnya,” jelas Suhun kepada suarapapua.com, Rabu (17/8/2016) di Jayapura.

Baca Juga:  Dua Anak Diterjang Peluru, Satu Tewas, Satu Kritis Dalam Konflik di Intan Jaya

Kata Suhun, Pdt. Ev. Jenius Wanimbo dalam kotbahnya mengajak seluruh pengurus KNPB yang baru terpilih agar kerja di tingkatan sektor dan pengurus KNPB wilayah Numbay mengedepankan Tuhan dalam perjuangan.

“Kalian adalah alat untuk selamatkan manusia Papua untuk masuk ke Papua baru. Kalian adalah musa-musa  baru untuk membawa keluar bangsa Papua dari perbudakan ini,” tegasnya meniru penegasan Pdt. Wanimbo.

ads

Victor Yeimo, ketua umum KNPB Pusat, dalam sambutannya mengajak pengurus KNPB Numbay dan pengurus sektor yang dilantik agar benar-benar memperjuangkan penentuan nasib sendiri bagi rakyat Papua.

Pada kesempatan itu, Yeimo menegaskan beberapa hal, antara lain, Pertama, Jayapura adalah pusat administrasi kolonial dan kapitalis serta imperalisme. Oleh sebab itu, pengurus sektor yang dilantik harus membentuk sub sektor sampai struktuk KNPB di sel-sel atau basis.

Baca Juga:  Kepala Suku Abun Menyampaikan Maaf Atas Pernyataannya yang Menyinggung Intelektual Abun

Kedua, kepada  semua pengurus sektor, pengurus wilayah dan seluruh anggota KNPB agar tunduk dibawah aturan dan prinsip organisasi, selain itu semua pengurus dan anggota harus mengerti bagaimana pergaulan dalam organisasi gerakan. Artinya, jangan kita ada di KNPB jangan melihat orang, jangan kalian ada di KNPB bukan karena saya tetapi harus tunduk pada aturan organisasi.

Ketiga, perjuangan Papua merdeka ini masih banyak dan masih panjang jangan bangga ketiga kita turun demo banyak rakyat Papua ikut hadir, perjuangan ini banyak hal yang kita harus hadapi dan kerjakan kedepan.

Dan keempat, konsekuensi perjuangan adalah masuk penjara, DPO dan kita akan dibunuh oleh kolonial karena kebenaran yang kita perjuangkan. Maka itu, siapkan kekuatan dan siapkan mental untuk menghadapinya.

Baca Juga:  Empat Terdakwa Pembunuhan Bebari dan Wandik Dibebaskan, Wujud Impunitas

Kata Victor, dalam dunia revolusi hanya ada dua hal yaitu, memenangkan revolusi dengan senjata, memenangkan revolusi dengan konsolidasi dan menguasai rakyat.

“Karena mengakhiri revolusi hanya dua hal, revolusi senjata atau revolusi sipil,” ujarnya.

Kemudian sambutan Ketua I KNPB Numbay, dalam kesempatan yang sama mengajak kepada semua pengurus untuk melanjutkan perjuangan kemerdekaan bangsa Papua Barat.

“Kita ini sama dengan biji sesawi, mari kita mengedepankan Tuhan melanjutkan perjuangan,” katanya.

23 pengurus sektor dan 9 sub sektor KNPB di wilayah Port Numbay yang dilantik hari ini adalah pengurus sektor Angkasa, Tutul, Yapis, Bhayangkara, Dok 9,  APO, Polimak, Ukamapega, Ekago Wiyai, Abe Pantai, As Nayak, As Mimin, Padang Bulan Yally, Organda, Tigi Deiyai, Expo, Koteka, As Yahukimo, Rusia, Gubuk Balinggama, Tangma dan Koya Koso.

Pewarta: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaKNPB Mengucapkan Selamat Hari Proklamasi RI Ke-71
Artikel berikutnyaBendera Merah Putih dan Upacara Bendera “Epen?”