2500 Personil TNI, Polri dan Linmas Akan Amankan Pilkada Kota Jayapura

0
673

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Sebanyak dua ribu limah ratus personil gabungan dari Kepolisian, TNI dan linmas, akan di turunkan untuk mengamankan Pemilukada kota Jayapura. Personil gabungan tersebut akan mengamakan enam ratus dua puluh sembila tempat pengumutan suara yang tersebar di limah distrik dan 39 kelurahan atau kampung di Kota Jayapura.

Dijelaskan, setiap TPS akan ditempatkan dua anggota LINMAS dan satu anggota kepolisian dan TNI. Sementara TPS yang berpotensi rawan, pihak kepolisian akan menambahkan satu pelaton gabungan anggota TNI dan Kepolisian.

Kapolresta Jayapura, Tober Morison Sirait mengatakan untuk keamanan pilkada, kepolisian menempatkan delapan ratus lebih anggota, dimana hampir sembilan ratus orang anggota, sementara dari TNI seratus orang, jadi kurang lebih polisi dan TNI seribu orang.

“Artinya satu TPS terdapat satu orang polisi dan TNI serta anggota yang kita tempatkan di spot-spot nanti, karena kita di perkuat dari brimob dari mabes, dan brimob dari papua, rekan rekan TNI satu kompi dan linmas ini seribu lebih,” katanya.

Tober juga mengatakan, Kota Jayapura, adalah satu dari sebelas kabupaten, kota di Papua yang mengikuti pemulukada serentak pada tanggal 15 februari 2017. Sementara, daftar pemilih tetap (d-p-t) di kota jayapura berjumlah 308775 suara, yang tersebar di 629 TPS di lima distrik dan 39 kelurahan, kampung.

Semtara itu, dalam rangka pengamanan pemilihan kepala daerah kota jayapura, Penjabat Walikota Jayapura, Danie Pahabol pimpin apel pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) di lapangan apel kantor walikota Jayapura. Apel yang di ikuti sebanyak 1308 personil linmas dan polri dipimpin langsung oleh penjabat walikota jayapura selaku pembina apel.

Untuk melihat kesiapan personil pengamanan LINMAS di TPS dan PPDwalikota memeriksa secara langsung kelengkapan personil diikuti komandan upacara serta didampingi Sekda Kota Jayapura, Kapolres Jayapura Kota, Dandim 1701 dan kepala badan Kesbangpolinmas Kota Jayapura.

Penjabat walikota Daniel Pahabol secara resmi linmas di TPS dan PPD di tempat yang sudah ditentukan. Ia mengatakan kepada linmas memberikan kepercayaan penuh untuk mengamankan pengaman pilkada.

“Pemerintah kota jayapura percayakan kepada linmas sesuai tugas dan fungainya di tempat yang di tugaskan. Para Linmas akan bertugas untuk mengamankan jalannya pemilihan kepala daerah di tingkat TPS dan PPD. Di 629 TPS dan lima distrik yang terbagi dua personil setiap TPS dan 10 personil untuk lima PPD. Dibackup 1000 personil gabungan polri dan TNI akan membantu pengamanan pilkada,” ungkapnya.

 

Pewarta: Arnold Belau