Pemerintah Tolikara Akan Utamakan Pembangunan Infrastruktur Sosial dan Fisik

0
1852

KAROBAGA, SUARAPAPUA.com — Bupati Kabupaten Tolikara, Usman G. Wanimbo dalam kunjungan perdananya di distrik Gundagi, Umagi dan Dundu Tolikara pekan kemarin menyampaikan bahwa dalam kepemimpinannya selama lima tahun kedepan akan prioritaskan pada pembangunan infrastruktur sosial dan fisik.

Terutama kata Bupati Wanimbo, pembangunan sarana prasarana pemukiman rakyat, gedung sekolah, Puskesmas serta fasilitas umum lainnya. Sementara, infrastruktur fisik kata Bupati akan lebih fokus pada pembangunan jalan, jembatan dan lapangan terbang (Lapter).

Selain itu katanya, pihaknya akan memfokuskan bagaimana menata tata pemerintahan yang profesional, bersih dan akuntabel. Hal ini akan dilakukan dari tingkat atas hingga ditingkat bawa, agar memberikan perbaikan sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat.

“Tetapi juga akan mengembangkan sumber daya manusia, pengembangan perekonomian rakyat serta melestarikan lingkungan hidup,” pungkas Bupati.

Sementara untuk proses hak kepemilikan tanah pembangunan infrastruktur kata Bupati, pemerintah akan selesaikan dengan melakukan pembayaran, sekaligus sertifikat sehingga tidak ada masalah dikemudian hari.

“Kami menghimbau kepada rakyat untuk kembali bersatu membangun daerah kita karena sekolah dan Puskesmas adalah kepentingan umum bukan kepentingan kelompok atau marga. Gereja, tokoh pemerintah serta tokoh intelektual bersatu untuk pembangunan dapat berjalan kedepan,” ujarnya.
Selain itu, Bupati Usman memberikan bantuan dana kepada siswa SMP Negeri Gatini yang berjumlah Rp30 juta.

Sementara, Kapolres Tolikara AKBP.Mada Indra mendukung rencana Pemerintah Kabupaten Tolikara dalam melakukan pembangunan dengan penertiban penjualan minuman keras.

“Kami bersama pemerintah telah berkomitmen wujudkan Tolikara yang sejahtera dan mandiri, sehingga tanpa pandang bulu akan kami bersihkan Miras dari Tolikara. Saya minta masyarakat menjauhi minuman keras, tetapi juga kepada pemasok dan pengecer untuk menghentikan praktek ini,” tegas Kapolres.

Pewarta : Nay Yigibalom

Editor : Elisa Sekenyap