Pemda Maybrat Pastikan Masyarakat Lepas 2 Ha Bangun Stasiun Kereta Api di Sususmuk

0
71

MAYBRAT, SUARAPAPUA.com — Rencana pembangunan rel kereta api yang dicanangkan presiden Joko Widodo di wilayah Papua Barat akan dibuka stasiunnya di kampung Sususmuk, kabupaten Maybrat. Terkait itu, pada pekan lalu, pejabat direktorat perhubungan darat dari Jakarta telah melihat langsung lokasi pembangunan stasiun kereta api.

Hal ini diungkapkan Agustinus Saa, sekretaris daerah (Sekda) kabupaten Maybrat, saat apel pagi di halaman kantor bupati Maybrat, Senin (9/4/2018).

Sekda memastikan, kepada pemerintah, masyarakat adat sudah serahkan 2 hektar tanah untuk proyek pembangunan stasiun kereta api di kampung Sususmuk.

“Terminal stasiun kereta api wilayah Papua Barat ada di Kabupaten Maybrat tepatnya kampung Sususmuk. Itu sesuai peta nasional. Jadi, Sususmuk sebagai terminal kalau kereta menuju Manokwari singgah di Sususmuk maupun ke Sorong, Bintuni dan sebaliknya,” jelasnya.

Dalam rangka itu, imbuh Sekda, tahun 2018 pelebaran jalan dari Sususmuk ke Kumurkek akan dikerjakan bersamaan pengaspalan jalan.

Kehadiran Dirjen Perhubungan Darat bersama pimpinan kereta api Indonesia di Maybrat, kata Agustinus, tidak lain adalah untuk memulai proyek pembangunan stasiun kereta api dengan dibiayai oleh APBN.

“Untuk itu, mari kita mensyukuri apa yang dilakukan pemerintah kepada masyarakat di Papua khususnya kabupaten Maybrat. Ini satu rencana bagus bagi kita di daerah ini. Kebanyakan kampung yang di kabupaten Maybrat ada jalan poros nasional, baik ke arah timur menuju Bintuni maupun ke utara menuju Manokwari,” ungkapnya.

Sekda berharap tentunya pembangunan tersebut membutuhkan dukungan doa dari semua pihak agar prosesnya bisa berjalan baik dan lancar untuk masyarakat dan daerah ini.

“Kita mendukung proses pembangunan yang dilakukan untuk anak cucu kita di masa mendatang,” harap Sekda.

Pewarta: Engel Semunya
Editor: Arnold Belau