Belasan Anggota JW Sagu Yahukimo Dilatih Menulis Berita

0
2921

DEKAI, SUARAPAPUA.com Jurnalis Warga (JW) Sagu Yahukimo kembali menggelar pelatihan jurnalistik di Dekai, Kamis (18/7/2019). Pelatihan kali ini diikuti 13 orang.

Ence Floriano Geong, fasilitator JW Sagu Yahukimo yang juga salah satu pengurus Yayasan Teratai Hati Papua (YTHP) mengatakan, pelatihan serupa sudah dilakukan di Dekai sebanyak tiga kali.

“Kami adakan pelatihan empat kali di sini (Dekai). Pertama kali pada tahun 2016, terus tahun 2017, 2018, dan sekarang tahun 2019,” katanya.

Menurut Ence, pelatihan jurnalistik bertujuan agar warga dapat mengangkat ke ruang publik apa yang dilihat dan dirasakan masyarakat di lingkungannya.

Selain itu, dari pelatihan ini, ia mengajak anak-anak muda Yahukimo lebih jeli untuk mengangkat berbagai masalah yang ada di wilayah kabupaten Yahukimo melalui tulisan baik berupa berita maupun artikel opini.

“Masalah di Yahukimo ini banyak sekali. Ada masalah kesehatan, pendidikan, ekonomi, juga soal lingkungan. Namun semua itu tidak ada yang mengangkat lewat media entah media cetak, online maupun elektronik,” ujar Ence.

Ence menambahkan, dengan adanya pelatihan ini anak-anak yang ikut pelatihan bisa menulis dengan baik agar hal-hal yang ada di Yahukimo bisa diketahui publik.

Rudi Kabak, salah satu peserta pelatihan jurnalistik, menilai kegiatan seperti ini sangat luar biasa dan bermanfaat demi kepentingan masyarakat dan daerah.

Dengan materi dan arahan dari narasumber, Rudi mengaku termotivasi untuk terus berusaha menulis hal-hal yang sekiranya layak dipublikasikan.

Ia berharap perlu ada pendampingan, karena selama ini banyak persoalan di kabupaten Yahukimo yang mesti disuarakan ke dunia luar.

“Dan pemerintah daerah perlu menyikapi masalah-masalah itu,” ujarnya.

Pewarta: Ruland Kabak
Editor: Markus You