AMP Kota Ambon Gelar Diskusi “Alasan Papua Merdeka”

1
3521

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) Kota Ambon bersama Lembaga Advokasi HAM Maluku (LIAMA) menggelar diskusi yang bertemakan “Kitong dan HAM dan Alasan Papua Merdeka”.

Kegiatan tersebut dilangsungkan di Asrama Honai Jayawijaya, Kota Ambon, Maluku, Sabtu (20/7/2019).

Johanis L.Hahury, Pemateri dari LIAMA mengatakan, HAM sebagai bagian yang tunggal dalam setiap dimensi kehidupan dan wajib hukumnya untuk ditegakan, apapun situasi dan kepentingannya.

Baca Juga:  Alm. John Warijo di Mata Aktivis Pemuda

“Kebenaran tentang Hak Asasi Manusia tidak dapat digugat dengan keyakinan apapun, setiap pemerintahan dalam sistem politik dan demokrasinya harusnya tunduk pada HAM yang adalah kebenaran sejati,” ucapnya Hahury.

ads

Apner Hologo,  pemateri dari Pimpinan Politik Aliansi Mahasiswa Papua Komite Kota Ambon mengatakan, sejarah kemerdekaan Papua adalah nyata dan benar, karena itu apapun program dari Pemerintah Jakarta ke Papua tidak akan merubah ideologi dan nasib bangsa Papua.

Baca Juga:  Dua Anak Muda yang Ditembak Mati Aparat Sudah Dimakamkan

“Pemerintah Indonesia dan semua orang sudah tahu bahwa sejarah Papua itu seperti apa. Proses integrasi masuknya Papua ke Indonesia adalah dipaksakan dan cacat Hukum, maka Kami Rakyat Papua menginginkan kelurusan sejarah. Sudah cukuplah penindasan dan kekacauan ini. kembalikan kedaulatan Bangsa Papua,” tegas Apner yang adalah mahasiswa Hukum UNPATTI.

Pewarta: Ardi Bayage

Baca Juga:  Melindungi Tanah Adat Papua

Editor: Elisa Sekenyap

Print Friendly, PDF & Email
ads