Hari Ini Rakyat Papua akan Demo Damai Sikapi Aksi Rasial

0
309

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Menyikapi pengepungan, persekusi dan aksi rasial terhadap mahasiswa Papua di Surabaya, rakyat Papua di tanah Papua akan melakukan aksi damai di beberapa kota.

Kota-kota yang akan aksi tersebut, antara lain, Jayapura, Manokwari dan Sorong. Sementara itu di luar, Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) sudah mengeluarkan himbauan untuk melakukan aksi yang sama di asrama Papua, Yogyakarta.

Aksi ini akan dilakukan selain untuk sikapi kasus yang terjadi pada 16-17 Agustu, tetapi juga sikapi pembungkaman ruang demokrasi terhadap mahasiswa Papua di Malang, Ternate dan Kota Jayapura pada 15 Agustus dan juga 18 Agustus di asrama mahasiswa Papua Semarang.

Baca: Ini Kronologi Pengepungan Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya

Di Jayapura, Komite Nasional Papua Barat (KNPB) menyatakan akan mobilisasi masa untuk melakukan aksi di beberapa titik yang ada di Kota Jayapura dengan sasaran tujuan aksi di kantor MRP. Di Yogyakarta akan dimotori oleh AMP.

Rakyat Papua dihimbau untuk ikut ambil bagian dalam aksi bersama menolak persekusi, pembungkaman ruang demokasi, pengepungan serta penangkapan dan rasisme terhadap orang Papua .

Pewarta: Arnold Belau