Sejak TPNPB dan TNI/Polri Baku Tembak, Natalis Tabuni Tak Ada di Intan Jaya

0
1717

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Bupati Kabupaten Intan Jaya, Papua Natalis Tabuni sedang tidak berada di tempat atau di Sugapa, Intan Jaya Papua saat masyarakatnya sedang mengalami ketakutan, trauma, bahkan sebagian masyarakat dari beberapa kampung lari ke hutan.

Salah satu Tokoh Masyarakat di Kampung Yokatapa yang dihubungi suarapapua.com pada Sabtu (21/12/2019) mengatakan hingga saat bupati Kab. Intan Jaya, Wakil Bupati, Pdt. Yan Kobogayauw, maupun Sekda Intan Jaya, Asir Mirip tidak berada di Sugapa.

Martinus Maisini, anggota DPRD Intan Jaya kepada media ini mengatakan, dirinya bersama beberapa anggota DPRD yang lain telah melakukan pemantauan di Distrik Sugapa dan Hitadipa.

Baca Juga:  Pembagian Selebaran Aksi di Sentani Dibubarkan

Hasil patauan pihaknya, situasi di Sugapa, antara lain kampung Bilogai, Yokatapa, Holomama dan Mamba terpantau aman dan masyarakat beraktifitas seperti biasa. Beberapa kampung lain seperti Titigi, Ndugusiga, Hitadipa, Wabui, Kulapa dan sekitarnya meski sudah aman, namun belum terlihat aktifitas masyarakat.

Selain itu ia membantah pernyataan sebelumnya dari pemerintah tentang pertemuan yang akan digelar di Sugapa. Kata dia, pihak DPRD tidak dilibatkan untuk melakukan pertemuan dengan berbagai pihak untuk menjamin keamanan agar masyaraka dapat melakukan Natal dengan aman dan damai.

ads
Baca Juga:  Kronologis Tertembaknya Dua Anak Oleh Peluru Aparat di Sugapa, Intan Jaya

“Sampai saat ini bupati, wakil bupati dan sekda tidak ada di sini. Kami juga tidak tahu dan tidak pernah dilibatkan untuk pertemuan dengan semua elemen masyarakat. Bupati hanya keluarkan surat imbauan untuk TPNPB dan TNI/Polri dari Nabrie. Jadi sampai dengan hari ini tidak ada bupati sebagai orang nomor satu di Intan Jaya,” tegas Martinus dari Sugapa.

Buapati Intan Jaya, Natalis Tabuni, sejak 17 Desember dihubungi suarapapua.com melalui sambulan selulernya tidak pernah menjawab telepon meski nomor teleponnya aktif.

Sekda Kab. Intan Jaya, Asir Mirip, sebelumnya kepada media ini mengatakan, pemerintah daerah akan melakukan pertemuan dengan semua elemen masyarakat dan TNI/Polri di Sugapa pada 20 kemarin.

Baca Juga:  HRM Rilis Laporan Tahunan 2023 Tentang HAM dan Konflik di Tanah Papua

“Kami tidak naik. Coba pastikan dan kontak ke mereka [sambil merekomendasikan nama dua pejabat Intan Jaya dan anggoat MRP yang saat ini berada di Intan Jaya]. Kami masih ada di Nabire,” katanya kepada suarapapua.com dari Nabire, Jumat (20/12/2019) malam.

Hingga berita ini diturunkan, suarapapua.com berulang kali melakukan komunikasi ke bupati Natalis Tabuni lewat telepon genggamnya untuk konfirmasi situasi terkini dan kondisi masyarakat, namun tidak berhasil.

Pewarta: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaEkonomi Hijau: Orang Muda Katolik Modio Mengolah Tungku Api Kehidupan
Artikel berikutnyaPengelola Pantai Base-G Butuh Bantuan Pemkot Jayapura