Situasi di Intan Jaya Kondusif, Natalis Tabuni: ASN Laksanakan Tugas

0
1488

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Natalis Tabuni, Bupati Kab. Intan Jaya meminta seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kab. Intan Jaya, Papua untuk kembali melaksanakan tugas.

Imbauan tersebut disampaikan susul suasana yang semakin kondusif pasca baku tembak TNI/Polri dengan TPN-KKB yang menyebabkan lebih dari 1.000 warga mengungsi.

“Saya minta ASN segera laksanakan tugas dan lakukan pelayanan,” pinta Bupati saat memberikan arahan dalam acara penyerahan Dokumen Pengguna Anggaran (DPA) TA 2020 dan juga Uang Persediaan (UP) kepada 39 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Ruang Rapat Kantor Bupati Kabupaten Intan Jaya tidak lama ini di Sugapa.

Baca Juga:  Dukcapil Intan Jaya akan Lanjutkan Perekaman Data Penduduk di Tiga Distrik

Bupati mengucapkan rasa syukur bahwa kondisi di Intan Jaya bisa berangsur pulih. Karenanya, dia meminta kepada seluruh ASN, khususnya tenaga pendidik dan tenaga kesehatan yang sempat mengungsi bersama masyarakat, untuk kembali ke Intan Jaya.

Dikutip dari laman Radar Pagi, Tabuni membeberkan, jumlah ASN Intan Jaya seluruhnya 1.272 pegawai, namun baru 525 pegawai yang dilantik.

ads
Baca Juga:  Dukcapil Intan Jaya akan Lanjutkan Perekaman Data Penduduk di Tiga Distrik

Meski begitu, dia tetap meminta seluruh ASN untuk masuk kerja. Bahkan dirinya sudah menerapkan absensi elektronik dengan sidik jari. Tabuni merasa cukup puas dengan adanya absensi elektronik ini karena dapat menekan jumlah ASN yang bolos kerja.

“ Kami bisa kontrol dengan absensi elektonik,” katanya.

Dengan sistem ini, kata Bupati, ketika seorang pegawai tidak hadir pada saat jam kerja maka akan ketahuan. ULP dan TPP-nya kemudian dipotong. Tabuni mengingatkan peraturan ASN bila 41 hari berturut-turut tidak masuk kerja, maka akan diberhentikan.

Baca Juga:  Dukcapil Intan Jaya akan Lanjutkan Perekaman Data Penduduk di Tiga Distrik

Sementara itu, terkait penyerahan DPA kepada 39 kepala OPD, Bupati secara simbolis menyerahkan DPA tersebut kepada Sekda Intan Jaya, Inspektorat dan Kepala Distrik Homeo.

Didampingi Sekda Kabupaten Intan Jaya Asir Mirip, Bupati juga menyerahkan PAGU anggaran.

“Dengan demikian agenda penting sudah kami lalui dan pembangunan yang lain akan berjalan seperti biasa,” ujarnya.

Untuk diketahui, total DPA yang diterima di Tahun 2020 sekitar Rp.1,1 triliun.

REDAKSI

SUMBERRadar Pagi
Artikel sebelumnyaDominggus Mandacan: YPK Hadir untuk Cerdaskan Kehidupan Bangsa
Artikel berikutnyaBupati Tabuni: Tidak Ada ASN yang Non Job di Intan Jaya