Bawaslu Kabupaten Yahukimo Gelar Rakor dan Bimtek

0
1090

DEKAI,SUARAPAPUA.com— Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Kabupaten Yahukimo menggelar Rapat Kordinasi (Rakor) dan memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada 204 Panitia Pengawas Distrik (Pandis) di Aula Ottow Kobak Mission Center (OKMC) Dekai 5-7 Maret 2020.

Ketua Bawaslu Kabupaten Yahukimo, Sipius Mirin usai menutup kegiatan tersebut menjelaskan, tujuan dari pada kegiatan rakor dan bimtek adalah memberikan pemahaman kepada para Pandis untuk mengetahui fungsi dan tugas, serta tanggung jawab bahkan cara untuk menjalankan tugas sebagai panitia pengawas distrik.

“Kami melakukan kegiatan ini untuk membekali Pandis 51 distrik dalam menjalankan tugas mereka sebagai panitia pengawas distrik. dan mereka ini mengikuti dengan sangat antusias, dan mereka siap untuk melakukan pengawasan kedepan di masing-masing distrik,” jelasnya pada Sabtu, (7/3/2020) lalu.

Baca Juga:  Dinas Sosial Lanny Jaya Salurkan Sejumlah Bantuan Pemprov ke Masyarakat

Ia menambahkan, Bimbingan teknis sendiri diambil alih langsung oleh Bawaslu Provinsi Papua dan memberikan materi kepada anggota Pandis.

Lanjut Mirin, Anggota Pandis yang mengikuti Rakor dan Bimtek sebanyak 204 orang. Masing-masing distrik empat orang, terdiri dari tiga komisioner dan satu sekretaris.

ads

Selain itu Sipius Mirin menegaskan, dalam melaksanakan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah, pandis tidak diperbolehkan untuk memihak kepada salah satu calon partai politik yang akan bertarung pada bulan September mendatang.

Baca Juga:  Ini Alasan Lampu PLTD Lanny Jaya Tidak Menyala Selama Lima Bulan

Namun, ia meminta kepada para pandis untuk menjalankan tugas dengan professional, independent, adil, dan jujur.

Sementara itu, Kordip Pengawasan Bawaslu Provinsi Papua Niko Tunjanan menjelaskan, tujuan kehadiran pihaknya untuk memberikan motivasi, dan penguatan kapasitas terhadap jarajanya tingkat kabupaten maupun tingkat distrik.

Sehingga, para pandis diharapkan bekerja sesuai dengan aturan dan mekanisme yang ada, untuk menghasilkan kualitas pilkada yang baik sehingga dapat melahirkan pemimpin-pemimpin yang baik dan professional.

Baca Juga:  Komisioner KPU Yahukimo Nyatakan Siap Selenggarakan Pemilu 2024

“Yahukimo merupakan daerah yang paling luas di papua dengan 51 distrik dan 5017 kampung, dengan medan dan kesulitan tersendiri.bahkan dengan pemilu kemarin ada sejumlah persoalan yang hendak diperbaiki sehingga kedatangan kita untuk memberi penguatan terhadap tingkat bawah,” jelasnya.

Niko menambahkan, Pilkada tahun ini berbeda dengan Pemilu tahun kemarin. sehingga ia berharap pilkada di yahukimo berjalan dengan aman dan terkendali.

Pewarta : Ruland kabak
Editor : Arnold Belau

Artikel sebelumnyaSoal Tapal Batas, DPRD Deiyai: Itu Tidak Sah
Artikel berikutnyaGubernur Mandacan: Papua Barat Siap Siaga Hadapi Covid-19