Lintas Generasi Papua Apresiasi Timsel, OAP Harus Jabat Sekda Papua

0
1316

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Lintas Generasi Papua mengapresiasi kinerja tim seleksi dari proses awal hingga sekarang untuk Sekretaris Provinsi Papua dan diminta untuk penempatan harus Orang Asli Papua OAP dari empat orang nama yang ada ada.

“Hasil seleksi Asesmen ini telah memberikan satu dampak positif kepada orang Papua bahwa periode ini  Orang Asli Papua (OAP) pimpin Sekda. Untuk itu kami lintas generasi Papua menyampaikan apresiasi kepada tim seleksi,” kata Wecky Gombo, Selasa (30/6/2020), di Kota Jayapura.

Baca Juga:  PMKRI Kecam Tindakan Biadap Oknum Anggota TNI Siksa Warga Sipil di Papua

Dia menjelaskan, masyarakat Papua terus mendukung dalam dua tahap ke depan agar dari 4 orang asli papua salah satunya harus menduduki Sekda Papua.

“Siapapun dia dari empat orang salah satunya harus duduk jabatan Sekda Papua,   karena dari hasil Asesmen akan turun pada tahapan berikut dan akan turun empat besar, kemudian dalam waktu dekat ini akan melakukan seleksi makalah, lalu wawancara,” katanya.

Baca Juga:  Freeport Indonesia Bangun Jembatan Hubungkan Kampung Banti 2 dan Banti 1

Pihaknya berharap kepada tim seleksi agar menetapkan orang papua yang terbaik dari empat orang saat ini, karena menurutnya orang papua akan jabat sebagai Sekda pertama.

ads

“Karena ini orang Papua pertama yang akan menjadi Sekda, sebelumnya memang ada tapi itu hanya pelaksana tugas tidak seperti sekarang untuk menjabat penuh,” katanya.

Ia menambahkan, yang mengambil keputusan selain prasasti dari hasil seleksi dan juga harus ditinjau kembali rekam jejak yang lama.

Baca Juga:  KPK Menang Kasasi MA, Bupati Mimika Divonis 2 Tahun Penjara

“Ini sangat penting untuk duduk Sekda Papua,” katanya.

Sementara itu Natan Tebay anggota lintas generasi Papua mengatakan, hari-hari terakhir proses pengumuman nama Sekda Papua saat ini tidak ada tekanan politik. Tim seleksi sebagai orang yang netral agar bekerja jujur.

“Tim yang menangani sekarang harus jujur dan tetapkan orang yang tetap. Supaya menjalankan pemerintahan dengan baik sesuai dengan harapan orang Papua,” harap Tebay.

Pewarta: Ardi Bayage

Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaJDP: Biarkan Masyarakat 7 Wilayah Adat Putuskan Penting Tidaknya Otsus Lagi
Artikel berikutnyaBuzzer Indonesia Menaikkan Tagar #Tumbal1JuliOPM