PasifikAngkatan Pertahanan Australia Mengirim Dua Kapal Guna Mendukung HUT Vanuatu ke-40

Angkatan Pertahanan Australia Mengirim Dua Kapal Guna Mendukung HUT Vanuatu ke-40

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Atas permintaan Pemerintah Vanuatu, dua kapal Angkatan Laut Australia, Royal Australia Choules dan Huon, dijadwalkan untuk mengunjungi Port Vila 28-31 Juli untuk mendukung perayaan HUT Kemerdekaan Republik ke-40 Vanuatu. Sementara di Vanuatu, mereka akan memberikan peralatan yang didanai Australia untuk membantu upaya pemulihan Siklon Tropis Harold Vanuatu dan kesiapan Covid-19.

Sebagaimana dilansir dari Daily Post Vanuatu, selama kunjungan mereka, Kapal HMA Choules dan Huon akan melakukan perikatan di laut dengan rekan-rekan mereka di Kepolisian Vanuatu Maritime Wing, berpartisipasi dalam Parade Pelaut pada hari Rabu 29 Juli, dan bergabung dalam peringatan dan perayaan Hari Kemerdekaan yang meria di pelabuhan Port Vila.

Komisaris Tinggi Australia, Sarah deZoeten, mengatakan bahwa Pemerintah Australia merasa terhormat untuk bergabung dengan keluarga dan teman-teman ni-Vanuatu dalam merayakan acara penting ini, terutama selama masa-masa sulit ini.

Baca Juga:  Kunjungan Paus ke PNG Ditunda Hingga September 2024

“Australia berdiri bersama orang-orang Vanuatu ketika mereka menandai kesempatan penting ini dan kami sangat bangga dapat berkontribusi pada perayaan tersebut,” kata Komisaris Tinggi deZoeten.

“Kesehatan dan keselamatan keluarga ni-Vanuatu tetap menjadi prioritas utama kami. Semua aset dan personel Angkatan Pertahanan Australia akan mematuhi protokol Covid-19 dan pembatasan kedua Pemerintah kami.”

Dukungan Angkatan Pertahanan Australia tahun ini dibangun di atas kemitraan keamanan Australia dan Vanuatu yang telah berlangsung lama selama puluhan tahun. Hal ini mencerminkan kontribusi Pemerintah Australia yang sebelumnya untuk perayaan kemerdekaan Vanuatu.

Baca Juga:  Prancis Mendukung Aturan Pemilihan Umum Baru Untuk Kaledonia Baru

Komandan HMAS Choules, Komandan Ben Reilly, mengatakan bahwa Angkatan Pertahanan Australia perna hadir pada saat lahirnya kemerdekaan Negara Vanuatu pada tahun 1980, dengan HMAS Yarra dan band dari HMAS Melbourne berpartisipasi dalam perayaan kemerdekaan itu di Port Vila.

“Para pria dan wanita dari HMA Ships Choules dan Huon bangga dan bersemangat untuk memperingati tonggak penting ini dengan masyarakat Vanuatu,” katanya.

“Meskipun pandemi Covid-19 mencegah kita berpartisipasi langsung bersama mitra dan teman kita tahun ini, orang-orang Vanuatu akan melihat dan mendengar kita, baik di laut maupun di udara. Kami berharap mereka dapat merasakan kehangatan semangat kami dan tahu bahwa kami merayakannya bersama mereka.”

Baca Juga:  Wawancara Eksklusif Daily Post: Indonesia Tidak Pernah Menjajah Papua Barat!

Kedua kapal RAN berbagi hubungan historis dengan orang-orang Vanuatu.

Atas permintaan Pemerintah Vanuatu, HMAS Huon (salah satu dari lima Minehunter Angkatan Laut Australia) dan HMAS Choules (kapal pengangkut 16.000 ton Angkatan Laut Australia yang biasanya mengangkut helikopter, pesawat pendarat dan pasukan) mendukung evakuasi warga sipil dari Ambae pada 2017 setelah letusan gunung berapi Manaro.

Pada tahun 2019, HMAS Choules kembali ke Port Vila dan juga mengunjungi Tanna untuk memperingati ulang tahun keempat Pam Pam dan melakukan pelatihan dengan Kepolisian Vanuatu untuk membangun ketahanan dan kemampuan, dukungan yang secara langsung selaras dengan tema Kemerdekaan ke-40 tahun ini. (*)

Terkini

Populer Minggu Ini:

Juara Grup F, Persipani Paniai Laju ke Babak 32 Besar

0
“Tim Persipani harus masuk babak 6 besar. Hasil dari empat pertandingan kemarin itu sudah sesuai target kami,” kata Noak Gobai.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.