PasifikTerkait Covid-19, Oposisi Kuatirkan Direct Flight Solomon Airlines ke Cina

Terkait Covid-19, Oposisi Kuatirkan Direct Flight Solomon Airlines ke Cina

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Anggota Parlemen untuk Malaita Kecil, Rick Hou mempertanyakan pemerintah mengenai rencana penerbangan charter ke Cina untuk menerbangkan 19 pekerja yang akan mempersiapkan Olimpiade Pasifik 2023.

Dia mengajukan pertanyaan ini di parlemen pada, Selasa setelah mengetahui pemerintah mengatur penerbangan khusus penerbangan ke Cina untuk menerbangkan 19 pekerja itu.

“Pengiriman pekerja proyek penting ini bagus, tetapi pertanyaannya apakah perlu mengambil risiko itu?” tanya Rick Hou sebagaimana di laporkan solomonstarnews.com.

Baca Juga:  Bainimarama dan Qiliho Kembali Ke Pengadilan Tinggi Dalam Banding Kasus Korupsi

Ia lalu mempertanyakan apakah pemerintah yakin bahwa Cina saat ini resikonya rendah dari Covid-19.

“Cina adalah 26 dari 215 negara yang positif terkena virus ini. Mengirim pesawat Solomon Airlines ke Cina tampaknya terlalu banyak pertaruhan,” katanya.

Dia menambahkan, jika penerbangan dilanjutkan, hal itu bertentangan dengan kebijakan pemerintah dan langkah-langkah yang diperlukan untuk memandu rakyat di negara ini dari Covid-19.

“Jika Cina dinyatakan bebas Coronavirus, tetapi saya yakin tidak. Bagaimana pemerintah bisa yakin bahwa di mana pesawat dan awaknya akan berhenti juga bebas dari coronavirus?” katanya.

Baca Juga:  Prancis Mendukung Aturan Pemilihan Umum Baru Untuk Kaledonia Baru

Dia mengatakan mengoperasikan penerbangan khusus ke Cina akan mengirim pesan yang salah kepada orang-orang di negara ini ketika pemerintah berusaha melindungi negara dari Covid-19.

“Bagiku, itu ide yang buruk dalam situasi saat ini. Sangat berisiko bagi kesejahteraan rakyat kita. Melanjutkan penerbangan akan semakin mengurangi kepercayaan publik pada keseriusan pemerintah untuk menangani berbagai upaya untuk memastikan Kepulauan Solomon tetap bebas Covid-19,” kata Hou.

Baca Juga:  Pacific Network on Globalisation Desak Indonesia Izinkan Misi HAM PBB ke West Papua

Hou yang merupakan anggota oposisi itu menyarankan agar Pertandingan Pasifik pada 2023 ditunda.

Dia mengatakan acara olahraga lain yang lebih penting dan lebih besar, seperti Olimpiade tetapi ditunda karena pandemi.

“Dengan status saat ini, pemerintah dapat menunda Olimpiade 2023 dengan berbicara kepada presiden Dewan Olimpiade.”

Direncanakan penerbangan carter langsung ke China tersebut diatur untuk tanggal 29 Agustus 2020. (*)

Terkini

Populer Minggu Ini:

Orang Mee dan Moni Saudara, Segera Hentikan Pertikaian!

0
“Kami tegaskan, jangan terjadi permusuhan sampai konflik diantara orang Mee dan Moni. Semua masyarakat harus tenang. Jangan saling dendam. Mee dan Moni satu keluarga. Saudara dekat. Cukup, jangan lanjutkan kasus seperti ini di Nabire, dan di daerah lain pun tidak usah respons secara berlebihan. Kita segera damaikan. Kasus seperti ini jangan terulang lagi,” ujarnya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.