Tanah PapuaLa PagoPencaker Yalimo Palang Sejumlah Kantor Tuntut Kembalikan Hak CPNS Orang Yali

Pencaker Yalimo Palang Sejumlah Kantor Tuntut Kembalikan Hak CPNS Orang Yali

WAMENA, SUARAPAPUA.com— Sebagai bentuk protes terhadap hasil pengumuman kelulusan CPNS di Kabupaten Yalimo, para Pencaker yang tidak lolos CPNS formasi 2018 melakukan pemalangan sejumlah Kantor Organisasi Perangkat Daerah Yalimo sejak pekan lalu.

“Hari ini (Rabu), kami sebarkan himbauan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Yalimo di 5 distrik di Yalimo,” ucap Yosafat melalui panggilan telepon kepada suarapapua.com di Wamena, Rabu (12/8/2020).

Terkait pemalangan tersebut, kata Yosafat, pihaknya telah menemui Ketua DPRD Yalimo dan beliau telah mendukung maksud pihaknya. Selain mendukung, pernyataan Ketua DPR juga melemahkan hati Pencaker.

Baca Juga:  Direpresif Aparat Kepolisian, Sejumlah Massa Aksi di Nabire Terluka

“Karena beliau sampaikan bersifat tawaran kepada kami bahwa formasi berikut memang ada untuk tahun 2019 – 2024, sehingga adik-adik mohon bersabar. Tapi kami bilang tidak. Karena kami bukan menuntut untuk segera buka formasi 2019-2024. Kami tuntut kembalikan hak-hak kami anak Yali yang dipermainkan pihak tertentu. Itu saja tujuannya,” tegas Wandik.

Sementara, Sekretaris Fraksi PAN DPRD Yalimo, Simon Walilo mengakui sejumlah kantor OPD di Yalimo telah dipalang para Pencaker sebagai bentuk protes hasil CPNS, tetapi juga meminta bupati hadir di Elelim.

Baca Juga:  Parpol Harus Terbuka Tahapan Penjaringan Bakal Calon Bupati Tambrauw

“Jadi dengan kondisi demikian, DPRD meminta kepada pemerintah daerah Yalimo untuk segerah melakukan koordinasi dan membuka palang itu. Karena ini hampir satu sampai lebih waktu yang telah dipalang oleh masyarakat,” ungkapnya.

Soal CPNS non Papua yang telah lolos kata Simon, baiknya jumlah mereka dikurangi dan kembali mengakomodir anak daerah. Hal ini bisa dilakukan dengan kewenangan yang ada di Pemkab Yalimo.

Baca Juga:  Pleno Kabupaten Yahukimo Dibatalkan KPU Provinsi Karena Masih Bermasalah

Kapolres Yalimo, AKBP. Rahmad Kaharuddin ketika dihubungi suarapapua.com menanyakan keberadaan Bupati Yalimo, kata Kapolres, belaiu sementara di Jakarta.

“Pak Bupati sebentara masih ada di Jakarta, sehingga pengibaran bendara (perayaan Hut RI 17 Agustus 2020) dipimpin oleh pak Sekda,” kata KapolreS Yalimo.

 

Pewarta: Onoy Lokobal

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Partai-Partai Oposisi Kepulauan Solomon Berlomba Bergabung Membentuk Pemerintahan

0
"Kelompok kami menanggapi tangisan dan keinginan rakyat kami untuk merebut kembali Kepulauan Solomon dan mengembalikan kepercayaan pada kepemimpinan dan pemerintahan negara kami," kata koalisi tersebut dalam sebuah pernyataan.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.