BeritaSAM Air: Kami Hanya Melayani Carter Flight

SAM Air: Kami Hanya Melayani Carter Flight

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Zainal, Base Manager Perusahaan Penerbangan PT. Semuwa Aviasi Mandiri (SAM) Air mengakui bahwa, pihaknya di SAM Air sejauh ini melayani carter flight atau penerbangan carter tanpa mengeluarkan tiket secara komersial.

“Kami inikan ijin operasional penerbangan AOC (Air Operation Certificate) 135 sebagai pesawat yang melayani carter flight. Kalau dicarter ya siapa yang mencarter kami, merekalah yang menggunakan pesawat. Nah yang menggunakan pesawat itu yang mengumpulkan penumpang dengan harga tertentu yang terlepas dari kami [SAM Air],” kata Zainal kepada suarapapua.com, Senin (14/9/2020).

Baca Juga:  ULMWP Desak Dewan HAM PBB Membentuk Tim Investigasi HAM Ke Tanah Papua

“Jadi komunikasi kami dengan pihak yang mencarter kami [SAM Air]. Misalnya ada yang carter Jayapura Dekai [harganya] 50 juta yang disesuaikan dengan kursi di pesawat. Jadi dari kami (SAM Air) tidak mengeluarkan tiket dengan harga tertentu, karena memang seperti itu. Kami hanya layani carter flight,” jelas Zainal.

Ia mengakui, beberapa bulan belakangan ini pihaknya tidak melayani penerbangan Dekai Jayapura. Katanya, penerbangan terakhir ke Dekai saat mengantar Kapolda Papua dan itupun di carter oleh Kapolda.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Segera Perintahkan Panglima TNI Proses Prajurit Penyiksa Warga Sipil Papua

Sebelumnya, warga masyarakat Yahukimo di Dekai sempat keluhkan kepada pihak DPRD Yahukimo terkait penjualan tiket maskapi penerbangan SAM Air dengan harga yang tidak menentu ketika hendak terbang, mulai dari Rp2 juta hingga Rp3 juta.

Sementara, Kepala Bandara Udara Nop Goliat Dekai, Yahukimo, Setyani Mahendra mengatakan, sejauh ini pihak penerbangan penumpang terjadwal yang melayani rute Jayapura Dekai, maupun sebaliknya adalah maskapi penerbangan Trigana Air dan Wings Air.

Baca Juga:  Hindari Jatuhnya Korban, JDP Minta Jokowi Keluarkan Perpres Penyelesaian Konflik di Tanah Papua

“Sementara pesawat lain itu sifatnya carter. Jadi kalau carter itu harga tiketnya tidak diatur dalam peraturan menteri. Artinya apabila ada pesawat yang masuk di Dekai yang sifatnya tidak ter schedule, tetapi baliknya bawa penumpang maka itu adalah deal-deal antara calon penumpang dengan operator itu sendiri. Sifatnya non schedule!” jelas Mahendra kepada suarapapua.com melalui panggilan WA dari Dekai Yahukimo,

 

Pewarta: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Partai Demokrat se-Papua Tengah Jaring Bakal Calon Kepala Daerah Jelang Pilkada...

0
Grace Ludiana Boikawai, kepala Bappiluda Partai Demokrat provinsi Papua Tengah, menambahkan, informasi teknis lainnya akan disampaikan panitia dan pengurus partai Demokrat di sekretariat pendaftaran masing-masing tingkatan.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.