Dua paslon bupati dan wakil bupati kabupaten Yahukimo bersama KPU dan Bawaslu kabupaten Yahukimo usai kegiatan debat terbuka putaran pertama. (Ardi Bayage - SP)
adv
loading...

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Yahukimo menggelar debat publik putaran pertama bagi dua pasangan calon bupati dan wakil bupati periode 2020-2025, Selasa (10/11/2020) malam di Hotel Mercure, Kota Jayapura.

Jalannya debat kandidat ini disiarkan langsung TVRI Papua dan Radio Bumi Sumohai (RBS) Yahukimo.

Yesaya Magayang, ketua KPU kabupaten Yahukimo, mengatakan, debat ini lebih difokuskan pada tema ‘reformasi birokrasi dan pelayanan publik menuju masyarakat Yahukimo yang sejahtera’.

“Kegiatan ini sesuai agenda nasional pada Pilkada serentak 2020, sehingga setelah melaksanakan beberapa tahapan, sekarang kami menyelenggarakan acara debat kandidat yang disiarkan TVRI dan Radio Bumi Sumohai, supaya masyarakat mengikuti seluruh pemaparan visi dan misi dari kedua bakal calon ini,” katanya.

Baca Juga:  Masyarakat Tolak Pj Bupati Tambrauw Maju Dalam Pilkada 2024

Alasan harus disiarkan melalui dua media, menurut Yesaya, rakyat Yahukimo banyak menonton TVRI dan mendengar radio, juga media online yang ada di daerah.

ads

“Debat ini yang pertama, dan kami berharap yang kedua juga masyarakat terus ikuti supaya tanggal 9 Desember bisa pilih kandidat sesuai hasil penilaian dan pemaparan visi dan misi dari kedua paslon terbaik Yahukimo.”

Ia menambahkan, untuk debat putaran kedua, akan diputuskan melalui pleno KPU Yahukimo.

“Waktu pelaksanaannya pasti dalam bulan ini,” singkatnya.

Sementara itu, Sepius Mirin, ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) kabupaten Yahukimo mengatakan, tahapan yang dilakukan KPU sudah sesuai mekanisme PKPU untuk Pilkada, termasuk patuh pada protokol kesehatan.

Baca Juga:  Warga Tiom Ollo Duduki Kantor Bupati Lanny Jaya Minta Atasi Bencana Longsor

“Debat ini satu tahapan yang harus dilakukan. Kami melihat langsung kegiatan ini berjalan tertib, juga sesuai dengan protokol kesehatan yang ditentukan dalam masa pandemi Covid sekarang,” kata Sepius.

Setelah debat terbuka putaran pertama, ia harap debat berikutnya diadakan di Yahukimo dengan tentu tetap menjaga protokol Covid-19.

“Kami akan sampaikan kepada KPU supaya adakan debat terbuka yang kedua itu di Dekai,” ujarnya.

Debat kandidat dipandu Jackson Jumame dengan pertanyaan yang disusun panelis dan dibacakan untuk dijawab oleh kedua pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati kabupaten Yahukimo.

Baca Juga:  20 Tahun Menanti, Suku Moi Siap Rebut Kursi Wali Kota Sorong

Kedua paslon memaparkan visi dan misi untuk membangun Yahukimo setelah terpilih 9 Desember 2020. Paslon nomor urut satu, Didimus Yahuli-Esau Miram berkomitmen untuk melakukan pemulihan Yahukimo sesuai motto kabupaten Yahukimo ‘Damai sejahtera’.

Paslon nomor urut 2, Abock Busup-Yulianus Heluka menyatakan siap melanjutkan program Yahukimo bangkit, mandiri dan sejahtera, dengan visi ‘Yahukimo rumah kita bersama’.

Debat publik putaran pertama dihadiri Pjs Bupati Yahukimo Hosea Murib, Kapolres Yahukimo AKBP Deni Herdiana, Kasdim 1715 Yahukimo Mayor Inf. Ivan Pambudi, dan tim sukses kedua paslon bersama pengurus partai pendukung, serta sejumlah undangan lainnya.

Pewarta: Ardi Bayage
Editor: Markus You

Artikel sebelumnya400 Akun Palsu Bahasa Belanda, Inggris dan Jerman Menyebarkan Propaganda Papua di Belanda
Artikel berikutnyaDPMK Jayawijaya Wajibkan Seluruh Aparat Kampung Disiplin