BeritaKoperindag Tambrauw Sosialisasikan Peran Koperasi Bagi Masyarakat

Koperindag Tambrauw Sosialisasikan Peran Koperasi Bagi Masyarakat

KOTA SORONG, SUARAPAPUA.com — Meningkatkan pemahaman dalam pengelolaan koperasi, Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) kabupaten Tambrauw memberikan sosialisasi sekaligus pelatihan bagi masyarakat di distrik Kebar.

Yolanda Yesnath, pelaksana tugas kepala bidang Koperasi Koperindag kabupaten Tambrauw, mengatakan, koperasi sangat penting untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat terutama anggota koperasi.

“Koperasi memang sangat penting bagi masyarakat kita,” kata Yolanda kepada suarapapua.com di kediamannya, kota Sorong, Sabtu (19/12/2020).

Menurutnya, koperasi perlu didirikan di setiap distrik. Dengan begitu, ia yakin, tujuan memajukan perekonomian masyarakat di kabupaten Tambrauw bisa terwujud.

Baca Juga:  Freeport Bersihkan Dampak Longsor, Gereja Banti Dua Kembali Aktif

“Sebelum membuat sesuatu perlu adanya sosialisasi dan pelatihan yang baik bagi masyarakat, sehingga apa yang diharapkan tidak sia-sia. Karena itulah kami lakukan kegiatan beberapa hari lalu di distrik Kebar,” tuturnya.

Yolanda menjelaskan, kegiatan sosialisasi sumberdaya pengelola koperasi yang diadakan di distrik Kebar baru-baru ini bertujuan memberi pemahaman agar memudahkan dalam kegiatan mendirikan dan mengelola koperasi.

“Semangat untuk berkoperasi harus ditumbuhkan sebagai spirit dalam memajukan koperasi.”

Baca Juga:  KNPB Bantah Terlibat Pembakaran dan Pengrusakan Ruko Saat Iring-Iringan Jenazah Lukas Enembe

Selain itu, ia menyarankan perlunya komitmen berkoperasi sebagai pemikiran bersama karena koperasi dibentuk bukan untuk kepentingan pengurus dan pengelola saja, tetapi kebersamaan dan berorientasi pada kesejahteraan para anggota.

“Daerah Tambrauw banyak potensi, hanya kurang perhatian dari pemerintah,” imbuh Yesnath.

Selain kerajinan tangan, sumber daya alam yang dimiliki kabupaten Tambrauw sangat potensial, seperti kualitas bawang di Kebar sangat baik. Karena itu, ia berharap, Pemkab Tambrauw dapat membantu Dinas Koperindag untuk memajukan perekonomian masyarakat Tambrauw guna membangun koperasi-koperasi di setiap distrik.

Baca Juga:  FAO Bareng Masyarakat Yoboi Tanam dan Kelola Sagu Sebagai Pangan Lokal

Sementara itu, Jandi Gultom, sekretaris Dinas Koperindag kabupaten Tambrauw, mengaku menerima sejumlah aspirasi masyarakat sehubungan dengan upaya menghidupkan berbagai usaha maupun koperasi.

“Beberapa aspirasi sudah kami terima, seperti permohonan modal, permintaan mendirikan koperasi,” katanya.

Jandi menambahkan, aspirasi tersebut telah dicatat dan selanjutnya akan diteruskan ke pemerintah daerah dan DPRD kabupaten Tambrauw.

Pewarta: Reiner Brabar
Editor: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.