Mahasiswa Yahukimo Akui Beasiswa Dari Pemkab Telah Disalurkan

0
1690
Pengurus KPMY Yahukimo ketika memberikan keterangan persnya di Jayapura, Kamis (28/1/2021). (Yanuarius Weya - SP)
adv
loading...

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Yanis Soll, Ketua Komunitas Pelajar dan Mahasiswa Yahukimo (KPMY) kota studi Jayapura, mengakui bahwa bantuan dana studi akhir mahasiswa Yahukimo dari Pemkab Yahukimo telah disalurkan secara tunai melalui koordinator wilayah.

“Kami telah menerima dana bantuan dari Pemkab Yahukimo melalui dinas pendidikan, dan keuangan. Dana tersebut sudah dibagikan secara resmi pada tanggal 27 kemarin, terutama kepada lebih dari dua ribu mahasiswa. Jumlah mahasiswa itu terdiri dari 51 distrik, dan 518 kampung di Yahukimo,” kata Soll kepada suarapapua.com, Kamis (28/1/2021).

Baca Juga:  Festival Angkat Sampah di Lembah Emereuw, Bentuk Kritik Terhadap Pemerintah

Dana tersebut katanya disalurkan ke setiap ketua Korwil, terutama tiga Korwil yang ada. “Kami sudah mendapat laporan bahwa pihak Korwil telah menyalurkan dana tersebut.”

Oleh sebab itu, ia menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Yahukimo yang telah menyalurkan dana beasiswa bagi SDM Yahukimo di kota studi.

“Atas nama mahasiswa Yahukimo yang berdomisili di sekitar kota Jayapura, Keerom, Sarmi dan Kabupaten Jayapura, kami menyampaikan terima kasih kepada Bupati Yahukimo dan Kadis Pendidikan, Kadis Keuangan serta jajarannya yang telah melihat keluhan dan kebutuhan mahasiswa ini,” ungkapnya.

ads
Baca Juga:  Atasi Konflik Papua, JDP Desak Pemerintah Buka Ruang Dialog

Senada disampaikan Nando Kobak, Sekretaris Umum KPMY, yang mana ia menjelaskan terkait status mahasiswa penerima beasiswa Pemkab Yahukimo.

Dimana katanya, mahasiswa angkatan 2019 waktu itu tidak menerima beasiswa lantaran database mahasiswa angkatan 2019 tidak diajukan pengurus lama ke pemerintah [Dinas Pendidikan], karena masih semester 2 pada tahun ajaran 2020.

“Sehingga mereka yang angkatan 2019 akan menerima pada tahun 2021 ini. Dana ini seharusnya disalurkan Juni, Juli dan Agustus 2020, tapi dengan berbagai kendala seperti Pilkada, reorganisasi KPMY dan pelantikan pengurus baru maka disalurkan awal 2021 ini,” jelas Kobak.

Baca Juga:  Yakobus Dumupa Nyatakan Siap Maju di Pemilihan Gubernur Papua Tengah

Wanus Tibul, Bendahara KPMY berharap agar Pemkab Yahukimo membayar tunggakan kontrakan yang dipakai pengurus lama sebagai sekertariatnya.

“Lampu yang selama 10 bulan ini padam di kontrakan kami sudah bayar dan lampu telah nyalah. Hanya kontrakan yang belum di bayar. Maka kami berharap supaya pemerintah sebagai orang tua kami untuk membantu  membayarnya,” harap Tibul.

 

Pewarta: Yanuarius Weya

Editor: Elisa Sekenyap

Artikel sebelumnyaWarga Kampung Sasawa Yapen Barat Enggan Terima Dandes
Artikel berikutnyaULMWP Kutuk Keras Tindakan Rasis Pada Orang Papua Barat