PartnersPalau Siap Keluar, Setelah Perwakilan Cook Ditunjuk Sekjen PIF

Palau Siap Keluar, Setelah Perwakilan Cook Ditunjuk Sekjen PIF

SORONG, SUARAPAPUA.com— Presiden Palau mengakui pihaknya sedang mempersiapkan diri untuk keluar dari forum Pacific Islands Forum, organisasi kebijakan politik dan ekonomi utama di kawasan Pasifik itu.

Presiden Palau Surangel Whipps Jr, mengatakan langkah itu diambilnya atas keputusan para pemimpin Pasifik lainnya yang mengabaikan permintaan Mikronesia agar kandidat mereka mengambil peran sebagai sekretaris jenderal forum tersebut.

Selama berbulan-bulan, badan daerah terpecah-pecah tentang calon siapa yang akan menduduki jabatan puncak Sekjen PIF.

Pada hari Kamis, mantan perdana menteri Kepulauan Cook, Henry Puna, ditunjuk menjabat Sekjen PIF, sementara pipping diplomat Kepulauan Marshall Gerald Zackios dengan hanya satu suara.

Baca Juga:  Polisi Bougainville Berharap Kekerasan di Selatan Mereda

Whipps Jr mengatakan kepada RNZ Pacific bahwa kegagalan para pemimpin untuk menghormati kesepakatan tidak tertulis bahwa peran yang dirotasi oleh sub-wilayah tidak dapat diterima.

“Hari ini, kami mengirimkan catatan diplomatik ke Fiji untuk memberi tahu mereka bahwa kami akan menutup kedutaan besar kami di sana, karena hasil forum dan setelah pertemuan kami, sebagai presiden Pasifik utara, saya yakin kami akan membuat pernyataan bersama dan kami juga akan bergerak maju dan menghapus diri kami sendiri dari forum,” katanya.

Baca Juga:  Wawancara Eksklusif Daily Post: Indonesia Tidak Pernah Menjajah Papua Barat!

Whipps Jr mempertanyakan komposisi Forum Kepulauan Pasifik, dan menyarankan agar diperlukan badan regional baru.

Dia mengatakan negara-negara Pasifik Selatan mendominasi keputusan forum dengan jumlah yang banyak.

“Misalnya, kami memiliki pulau lain di Pasifik utara, kami memberi Guam, kami memiliki Saipan, kami memiliki Hawaii, kami memiliki Samoa Amerika,” katanya.

“Mengapa mereka tidak menjadi anggota Forum Kepulauan Pasifik? Jika kita mengizinkan Kepulauan Cook, Niue – yang merupakan bagian dari Selandia Baru – menjadi bagian dari forum, untuk memilih, maka kita harus mengizinkan negara-negara lain itu.”

Baca Juga:  Negara Mengajukan Banding Atas Vonis Frank Bainimarama dan Sitiveni Qiliho

“Sebagai kawasan, sebagai Pasifik bersaudara, kami akan terus memperjuangkan itu. Kami akan terus menjadi bagian dari FFA, kami akan terus menjadi bagian dari SPREP dan semua itu.”

“Tapi seperti PIF mungkin kita perlu membuat organisasi baru dan mencari anggota baru, karena konfigurasi saat ini adalah untuk kepentingan pribadi dan itulah masalahnya.”

 

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

DPD KNPI Tambrauw Gelar Rapat Pleno Satu untuk Kemajuan Pemuda

0
SORONG, SUARAPAPUA.com--- Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Tambrauw gelar Rapat Pleno I, sekaligus penyerahan Surat Keputusan (SK) panitia Rapat...

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.