Raki Ap Akan Menjadi Pembicara Dalam Peluncuran Bulan Bersejarah Afrika

0
1559
Poster kampanye dan foto Raki Ap, yang akan berbicara pada tanggal 1 Maret 2021. (Ist - SP)
adv
loading...

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Bulan Bersejarah Afrika atau African History akan diluncurkan pada pukul 14:00 GMT pada tanggal 1 Maret 2021, bertepatan dengan perayaan Kemenangan Adwa ke-125 yang telah menjadi benteng dari Pan Africanism dan akan dirayakan dari tanggal 1 Maret – 31 Maret 2021.

Persatuan Negara-negara Afrika terdaftar sebagai lembaga negara nonprofit di Texas, Amerika Serikat dan merupakan kekuatan pendorong di balik waktu Afrika ini. Bulan Sejarah Afrika mengakui kontribusi yang sangat besar yang telah diberikan Afrika kepada peradaban dunia.

Bulan Sejarah Afrika adalah perayaan tahunan pencapaian orang-orang keturunan Afrika dari Afrika, Pasifik, Eropa, Amerika Serikat, Amerika Latin dan seluruh dunia.

Baca Juga:  Komisi HAM PBB Minta Indonesia Izinkan Akses Kemanusiaan Kepada Pengungsi Internal di Papua

Konferensi Bulan Sejarah Afrika yang pertama secara virtual akan berlangsung pada tanggal 1 Maret 2021 dan dimulai dengan merayakan kemenangan Adwa ke-125 yang menentukan yang mempermalukan invasi Tentara kolonial Italia dalam pertempuran Adowa.

Bulan Sejarah Afrika akan menulis ulang sejarah Afrika dari perspektif Afrosentris, menghilangkan prasangka kebohongan Eurosentris, melestarikan Sejarah Afrika, mempromosikan Budaya dan warisan Afrika, mendorong dan mempromosikan penelitian lebih lanjut dan merayakan pencapaian semua orang keturunan Afrika, termasuk di mana Bulan Sejarah Hitam atau Black History Month yang belum dirayakan.

ads
Baca Juga:  Tiga Warga Sipil Disiksa, Begini Sikap Mahasiswa Puncak se-Jawa dan Bali

The African History Month didirikan oleh seorang Pan Africanist kelahiran Kenya, Daniel Mwambonu pada tanggal 15 Februari 2021, melalui proklamasi dengan visi untuk memulihkan martabat Afrika yang hilang dan menginspirasi harga orang Afrika di rumah atau yang di diaspora.

“Sampai singa memiliki pendongengnya sendiri. Pemburu akan selalu mendapatkan bagian terbaik dari ceritanya.” – Pepatah Ewe-mina (Benin, Ghana, dan Togo)

Isu West Papua

Dalam perayaan yang berlangsung pada bulan Maret 2021 ini, isu Free West Papua atau kemerdekaan Papua Barat tetap akan menjadi agenda utama dari agenda-agenda yang ada.

Baca Juga:  Prancis Mendukung Aturan Pemilihan Umum Baru Untuk Kaledonia Baru

Di mana, karena West Papua masuk dalam kategori bangsa-bangsa di kawasan Melanesia, yang merupakan bangsa keturunan Afrika.

Dalam momen ini, Raki Ap, aktivis dan juru bicara Free West Papua Campaign akan mejadi pembicara. Dia akan berbicara tentang ‘Sejarah West Papua dan Genosaid yang tersembunyi di Oseania, (West Papua History and Hidden Genocide in Oceania).

Acara tersebut akan disiarkan secara langsung di Facebook United States of Africa, twitter, link Africa History Month dan chanel Youtube #2nacheki dan media sosial lainnya.

 

Pewarta: Elisa Sekenyap

Artikel sebelumnyaOknum Polisi dan Jaksa yang Terlibat Kasus Kriminalisasi AB-ASN Diminta Diberi Sangsi Tegas
Artikel berikutnyaCharlot Salwai Kembali Ajukan Banding