BeritaSonny Wanimbo: Tahun 2021 Jangan Lagi Habiskan Anggaran untuk Covid

Sonny Wanimbo: Tahun 2021 Jangan Lagi Habiskan Anggaran untuk Covid

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Tolikara kembali tegaskan menolak vaksin Covid-19 di kabupaten Tolikara.

Meskipun demikian, Dinkes Tolikara telah melakukan sosialisasi vaksin tanpa diketahui pihak DPRD Tolikara, sehingga DPRD tegaskan jika muncul dampak dari akibat vaksin, baik itu terjadi kesakitan maupun meninggal dunia maka pihak Dinkes yang harus bertanggung jawa.

Penegasan tersebut disampaikan Sonny Wanimbo, ketua DPRD kabupaten Tolikara menanggapi berita terkait Dinkes Tolikara gelar sosialisasi vaksin Covid-19.

“Kami bukan menolak program pemerintah pusat namun uji vaksinasi ini belum di uji dan diakui oleh negara-negara maju di dunia. Namun di Indonesia sudah dilakukan vaksin, dan kami tidak tau bahan kimia apa yang terkandung dalam vaksin tersebut dan punya jangka waktu atau tidak? Ini menjadi alasan penolakan kami di dewan” kata Sonny kepada suarapapua.com, Selasa (2/3/2021).

Baca Juga:  Ribuan Data Pencaker Diserahkan, Pemprov PBD Pastikan Kuota OAP 80 Persen

Dia menjelaskan himbauan penolakan itu sudah di sampaikan secara terbuka melalui media massa, namun Dinkes Tolikara mengindahkan hal tersebut, sehingga DPRD akan menyurati mereka[dinkes].

“Kami akan surati Dinkes yang melakukan sosialisasi vaksin Covid-19 di Tolikara. Dan perlu diketahui juga bahwa kabupaten Tolikara adalah zona hijau Covid-19, di mana tidak ada masyarakat yang terinveksi Covid-19 hingga saat ini, sesuai data tim gugus Covid-19 Tolikara,” katanya.

Baca Juga:  Puskesmas, Jembatan dan Kantor Lapter Distrik Talambo Rusak Dihantam Longsor

Sonny menambahkan, APBD tahun 2020 sudah di pangkas habis untuk penanganan Covid-19 di kabupaten Tolikara, sehingga dirinya berharap di agar 2021 tidak menggunakan alasan Covid untuk memangkas anggaran, yang digunakan Dinkes sosialisasi.

“Anggaran kemarin sudah habis di Covid-19, jangan lagi 2021. Karena banyak hal yang harus dibangun di kabupaten Tolikara, terutama di bidang kesehatan. Bagaimana kita pikirkan melengkapi fasilitas kesehatan, tenaga medis, alat kesehatan, obat-obatan agar proses pelayanan kesehatan dapat berjalan baik dan juga bidang lainnya, seperti pendidikan, ekonomi kerakyatan, serta infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat Tolikara,” kata Sonny.

Baca Juga:  Yakobus Dumupa Nyatakan Siap Maju di Pemilihan Gubernur Papua Tengah

Sebelumnya Sekretaris Dinas Kesehatan kabupaten Tolikara, Legion Yikwa mengatakan, dalam rangka mendukung persiapan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di lingkungan pemerintah kabupaten Tolikara, Dinas Kesehatan menggelar sosialisasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19, dengan melibatkan kepala puskesmas dan staf serta tenaga medis lainnya.

Sosialisasi tersebut digelar di aula Dinkes Tolikara di Karubaga, Sabtu (20/2/2021) yang dipimpin sekretaris Dinkes, Legion Yikwa didampingi dokter Briand Sugito.

 

Pewarta : Agus Pabika
Editor : Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Hari Konsumen Nasional 2024, Pertamina PNR Papua Maluku Tebar Promo Istimewa...

0
“Kami coba terus untuk mengedukasi masyarakat, termasuk para konsumen setia SPBU agar mengenal Pertamina, salah satunya dengan menggunakan aplikasi MyPertamina sebagai alat pembayaran non tunai dalam setiap transaksi BBM,” jelas Edi Mangun.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.