Wakil bupati terpilih, Esau Miran didampingi Plt Sekda Yahukimo Elai Giban, dan para kepala OPD usai kegiatan Musrenbang RKPD tahun anggaran 2022, Jumat (9/4/2021) kemarin. (Ardi Bayage - SP)
adv
loading...

DEKAI, SUARAPAPUA.com — Esau Miran, wakil bupati kabupaten Yahukimo yang terpilih pada Pilkada serentak 2020 bersama Didimus Yahuli, menyampaikan visi dan misinya pada kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2022, Jumat (9/4/2021) di aula kantor Bupati Yahukimo.

“Dalam Musrenbang tadi saya bersama bupati terpilih telah menyampaikan gambaran umum tentang visi dan misi kami untuk pembangunan prioritas selama kami memimpin kabupaten Yahukimo,” jelasnya kepada wartawan usai kegiatan di Dekai.

Wabup terpilih memastikan visi dan misi akan dijalankan mulai tahun 2022 setelah melewati tahun 2021 sebagai masa transisi dari kepemimpinan Abock Busup-Yulianus Heluka.

“Visi misi kami akan dimulai tahun depan. Dalam Musrenbang hari ini kami sudah minta kepada Sekda bersama kepala OPD bahas,” katanya.

Baca Juga:  FPD Yahukimo Aksi di Kantor KPU Papua Pegunungan Tuntut Pleno Dibatalkan

Salah satu program prioritas yang akan dikerjakan, imbuh Esau Miran, meninjau semua asrama mahasiswa yang ada di setiap kota studi.

ads

“Di seluruh Indonesia ada adik-adik pelajar dan mahasiswa Yahukimo. Pasti kami turun lihat untuk memastikan tempat tinggal beserta fasilitasnya hingga kebutuhan makan minum.”

Pembenahan kota Dekai menurut Esau, juga masuk dalam program prioritas.

“Distrik Dekai akan ditata dengan pembuatan rencana tata ruang dan tata wilayah (RTRW). Ini sangat penting supaya kekhasan wajah kabupaten terlihat. Tentu itu sejalan dengan motto Yahukimo Damai Sejahtera bisa terlihat. Ini bagian dari upaya pemulihan Yahukimo,” jelasnya.

Mantan wartawan yang memilih terjun ke dunia politik dengan menjadi anggota DPRD Yahukimo periode 2014-2019 itu menjelaskan, dalam masa kepemimpinannya akan melanjutkan pembangunan strategis yang telah dirintis pemimpin terdahulu, antara lain jalan penghubung antar distrik dan kabupaten.

Baca Juga:  Tragedi Penembakan Massa Aksi di Dekai 15 Maret 2022 Diminta Diungkap

“Seperti jalan dari Wamena ke Mugi, dan Dekai ke Ngalik. Ada juga program baru dari kami itu dari Benawa ke wilayah Meck. Kami pikir ini program besar untuk Yahukimo kedepannya. Dengan adanya jalan, masyarakat tidak selalu gunakan transportasi udara,” kata Esau.

Selain itu, program yang disampaikan dalam forum resmi adalah sektor pendidikan dan kesehatan.

“Ya, tentunya orang harus cerdas, mandiri dan sehat. Maka, kami akan bangun rumah sakit tipe B agar kesehatan masyarakat terjamin. Dan ada beberapa program lainnya juga, intinya kami sudah sampaikan sebelum kegiatan ini dimulai. Dengan harapan semua dibahas supaya visi dan misi kami nantinya terwujud,” bebernya.

Baca Juga:  Pleno Kabupaten Yahukimo Dibatalkan KPU Provinsi Karena Masih Bermasalah

Miran menambahkan, “Selama seratus hari kerja kami akan benahi dalam kota.”

Sementara itu, Elai Giban, pelaksana tugas (Plt) Sekda kabupaten Yahukimo, mengatakan, kegiatan Musrenbang akan berlangsung selama tiga hari. Karena itu ia minta semua OPD menyusun program sesuai visi misi bupati dan wakil terpilih yang akan dilantik dalam waktu dekat.

“Hari ini kami agak terlambat karena ada perubahan Permen (Peraturan Menteri). Tetapi bukan kami saja, ini seluruh Indonesia. Jadi, hari ini kami akan mulai, kami sudah punya panduan program kerja bupati terpilih. Pasti kami akan bahas,” kata Giban.

Pewarta: Ardi Bayage
Editor: Markus You

Artikel sebelumnyaBernafsu Mekarkan 6 Provinsi di Papua, Jakarta Abaikan Aspirasi OAP
Artikel berikutnyaKomda PMKRI Ingatkan Negara Stop Kriminalisasi Gubernur Papua