Yan Mandenas: Fokus Otsus Dulu, Pemekaran Nanti

0
723

PANIAI, SUARAPAPUA.com — Wakil ketua Panitia Khusus (Pansus) revisi Undang-Undang Otonomi Khusus Jilid II bentukkan pemerintah pusat, Yan Permenas Mandenas, anggota Komisi I DPR RI, mengaku pembahasan Otsus kini di tahapan jaring aspirasi.

“Untuk Otsus sampai saat ini kita lagi jaring aspirasi. Melakukan konsultasi-konsultasi dengan semua masyarakat dan pemangku kepentingan di Papua dan Papua Barat,” ungkap Yan, ketika diwawancarai beberapa awak media, usai acara dialog interaktif meninjau percepatan pembangunan jaringan 4G dan operasional listrik 24 jam, yang digelar pemerintah Paniai, Deiyai dan Dogiyai, di aula kantor bupati Paniai, Kamis, (15/4/2021).

Baca Juga:  Desak Pelaku Diadili, PMKRI Sorong Minta Panglima TNI Copot Pangdam Cenderawasih

Dikatakan, sedang lakukan konsultasi tujuannya hendak mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan masyarakat agar kemudian dapat dicari titik temu penyelesaian persoalan pasca revisi Otsus nanti.

“Karena dengan begitu tentu pembangunan Papua ke depan akan lebih baik seperti yang masyarakat di kota dan yang berseberangan di hutan inginkan,” ujarnya.

Untuk soal pembahasan pemekaran, kata Yan, sementara pihaknya sedang tunda. Alasannya supaya tidak timbul pro dan kontra atas dua kebijakan tersebut.

ads
Baca Juga:  Asosiasi Wartawan Papua Taruh Fondasi di Pra Raker Pertama

“Prinsipnya kan melalui pemekaran ini bisa mensejahterakan masyarakat asli Papua. Jadi kami berikan waktu untuk penyamaan persepsi dulu antara masyarakat, pemerintah daerah dan semua stakeholder untuk dia kebijakan ini. Tapi pembahasannya untuk pemekaran nanti, Otsus dulu,” pungkasnya.

Pewarta: Stevanus Yogi

Artikel sebelumnyaBupati Spey Ajak DPRD untuk Bersama Melayani Masyarakat Pegunungan Bintang
Artikel berikutnyaYan Mandenas Kunjungi Meepago Demi Percepat Dua Proyek Ini