BeritaPendapat JFT Usai Menang Uji Tanding di Kediri

Pendapat JFT Usai Menang Uji Tanding di Kediri

NABIRE, SUARAPAPUA.com — Pelatih kepala Persipura Jayapura mengaku sangat bersyukur mendapat tim lawan uji tanding yang selevel. Persik Kediri patut dijempoli karena telah memberi banyak pelajaran bagi Boaz Solossa Dkk jelang pertandingan AFC Cup 2021.

Jacksen F Tiago menyampaikan hal ini menanggapi perlawanan dari Andri Ibo Dkk dalam uji tanding yang berakhir 2-1 untuk kemenangan Persipura, Sabtu (5/6/2021) sore di Stadion Brawijaya, Kota Kediri, Jawa Timur.

“Pertandingannya seru ya. Ini pertandingan pertama kita dengan klub Liga 1. Kita tahu bahwa dalam pertandingan dengan klub selevel dengan kita, pasti kita akan dapat tantangan dan tekanan yang berbeda. Hari ini atmosfernya boleh dikatakan agak berbeda. Seperti pertandingan resmi. Ada persaingan, ada benturan, ada keputusan dari wasit, dan memang banyak hal,” tuturnya usai laga uji coba dengan Persik.

Pelatih kawakan asal Brasil ini merasa mendapat pelajaran berharga yang kemudian akan dijadikan bahan evaluasi untuk dibenahi lagi.

“Ya, ada beberapa poin, beberapa catatan dari saya, tadi saya sampaikan kepada anak-anak, kita menemukan sebuah lawan yang bagus dengan tensi yang berbeda dari yang kita lakukan selama ini. Tim Persik menggunakan tiga pemain belakang, sehingga kita kesulitan menembus lini pertahanan lawan,” beber Jacksen.

Baca Juga:  Proteksi OAP, FOPERA Desak KPU RI Menerbitkan PKPU Khusus Pelaksanaan Pemilu di Tanah Papua

Ia melihat perubahan di tim asuhannya terjadi usai water break.

“Setelah water break, sedikit ada perubahan, ada peningkatan. Saya rasa itu sesuatu yang wajar, karena setiap pertandingan akan punya cerita yang berbeda. Yang jelas kali ini kita banyak berterimakasih kepada Persik karena mereka telah memberi sebuah perlawanan yang sangat baik, tim yang kuat, tadi berlangsung sangat sengit, mereka dari awal sampai akhir pertandingan tampil luar biasa.”

Persik menurutnya tim kuat yang sedang bersiap diri mentas di Liga 1 musim 2021.

“Dari aspek taktikal, mereka memberi perlawanan bagus yang dalam beberapa uji coba sebelumnya kita temukan. Kita bersyukur karena dalam uji coba kita sebelumnya memang tidak menemukan hal berbeda dari pertandingan tadi. Persik tim kuat, dan kita mendapat banyak pelajaran,” kata mantan striker haus gol itu.

Dari uji tanding ketujuh kontra Persik, Jacksen mengaku mendapat banyak poin penting untuk terus dibenahi pasukan Mutiara Hitam.

“Ini pertandingan sangat bermanfaat. Ada banyak catatan tersendiri bagi kita, terutama di AFC nanti. Karena tidak menutup kemungkinan lawan-lawan kita yang akan kita hadiri dengan formasi baku, sehingga tidak asing bagi kita untuk bertanding di tingkat Asia,” tutur JFT.

Baca Juga:  Peringati Hari Pers Nasional, Pegiat Literasi dan Jurnalis PBD Gelar Deklarasi Pemilu Damai

Menang atas Persik 2-1, Jacksen tak lantas besar kepala. Ia bahkan berpendapat harus evaluasi untuk tingkatkan permainannya. Sebab, ia menilai ada perbedaan besar antara bermain di level kompetisi domestik (Liga 1 Indonesia) dan AFC Cup.

“Kelihatan tadi kita masih belum siap untuk level berikut. Mungkin untuk ukuran kompetisi domestik sudah bisa, tetapi tidak di level AFC. Sebab di AFC, persaingannya cukup ketat. Kalau untuk di Liga 1, mungkin bisa. Jadi, tugas kita untuk tingkatkan permainan kita, agresivitas, organisasi, dan dari aspek taktikal, supaya kita tampil baik di Piala AFC. Karena tingkat AFC itu lebih tinggi dari pada level kita di Indonesia,” bebernya.

Peningkatan performa tim menurut JFT, akan makin baik dengan adanya beberapa kali uji tanding. Tak cukup hanya sekali dengan tim selevel. Sangat perlu banyak friendly match. Jika boleh, masih ada lagi tim Liga 1 lain mau menerima tawaran uji coba.

Usai uji tanding dengan salah satu kontestan Liga 1 Indonesia itu, Arvydas Ridwan Madubun, manajer tim Persipura, memastikan, tim Mutiara Hitam selanjutnya akan menjalani dua laga uji coba berikut.

Baca Juga:  KPU Yahukimo Gelar Acara Pelepasan Logistik untuk Didistribusikan Ke 51 Distrik

Dua tim Liga 1 yang kabarnya telah memenuhi undangan Persipura adalah Persita Tangerang, dan Persib Bandung.

Madubun menjelaskan, laga Persipura kontra Persita akan digelar pada Minggu, 13 Juni 2021. Setelah itu tim kembali ke Jakarta. Beberapa hari di ibu kota negara, tim Mutiara Hitam akan ke Bandung untuk menghadapi Persib. Laga dijadwalkan Sabtu (19/6/2021).

“Setelah uji tanding sore ini di Kediri, selanjutnya kami akan bergeser ke Jakarta untuk persiapan dua laga berikut.”

Selama di Jakarta, kata Bento, skuat Persipura akan menjalani pemusatan latihan sambil menunggu konfirmasi dari AFC.

“Singapura sudah mengundurkan diri sebagai tuan rumah, jadi kami akan konsentrasi di Jakarta. Selain latihan, ada dua pertandingan uji coba. Ini baik, sesuai planning tim pelatih bersama manajemen,” jelas Madubun.

Di AFC Cup 2021, Persipura akan menghadapi tiga tim lain yang tergabung dalam Grup H. Antara lain, Kedah Darul Aman FC (Malaysia), Lion City Sailors FC (Singapura), dan Saigon FC (Vietnam).

Pewarta: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

Mahasiswa Nduga se-Indonesia Sikapi Konflik Pemilu di Distrik Geselema

0
“Yang terjadi di lapangan ternyata prinsip-prinsip demokrasi tidak berjalan baik sesuai dengan harapan masyarakat Nduga. Seperti terjadi dalam pesta demokrasi berupa pemilihan presiden dan wakil presiden maupun pemilihan legislatif (DPR RI, DPD RI, DPRP, dan DPRK). Proses pemilihannya berubah jadi konflik. Situasi kabupaten Nduga tidak kondusif karena terjadi perang keluarga bertepatan dengan Pemilu serentak pada tanggal 14 Februari 2024 yang mana saat perhitungan suara dari distrik Geselema, dari hasil pemungutan suara salah satu caleg dari PSI unggul dibandingkan caleg dari partai Golkar,” bebernya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.