Roda Pemerintahan Papua di Tangan Sekda

0
1048

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Kementerian Dalam Negeri menyatakan pemerintahan Provinsi Papua tetap berjalan di bawah pimpinan sekretaris daerah.

Hal itu diberlakukan sejak Gubernur Papua Lukas Enembe dirawat di rumah sakit Mount Elizabeth, Singapura, sementara Wakilnya Klemen Tinal meninggal pada Jumat (21/5).

“Saat ini kendali operasionalisasi jalannya roda pemerintahan daerah provinsi Papua ada di tangan Sekda Provinsi,” ucap Kapuspen Kemendagri Benny Irwan seperti diberitakan CNNIndonesia.com pada 26 Mei lalu.

Baca Juga:  Kompleksitas Persoalan Papua, Perlu Adanya Kementerian Khusus

Benny menjelaskan, saat ini sekda juga tidak sendiri dalam menjalankan tugas pemerintahan, dan berkoordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi dan beberapa pihak lainnya.

“Ada Kapolda, ada Pangdam, Kejati, Ketua DPRD dan MRP, Ketua Pengadilan, Kabinda,” ucapnya.

ads

Selain itu, ia juga mengatakan Kementerian Dalam Negeri juga akan tetap melaksanakan tugas dan fungsi pembinaan dan pengawasan sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang untuk memastikan pemerintahan dapat berjalan.

Baca Juga:  Badan Pengarah Otsus Papua Semakin Tidak Jelas Keberadaannya

Terpisah, Juru Bicara Gubernur Papua Rifai Darus mengatakan fungsi pemerintahan dalam hal pemberian pelayanan, pelaksanaan program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat tetap berada di bawah pimpinan Lukas Enembe.

“Terus berlangsung sebagaimana mestinya dalam suatu sistem pemerintahan provinsi dengan tetap berada dalam garis komando bapak gubernur,” ucap Rifai. (*)

 

SUMBERCNNIndonesia
Artikel sebelumnyaKasat Pol PP Paniai Tegaskan Tidak hambur Jualan Mama-Mama Dogiyai
Artikel berikutnyaParlemen Nasional Papua Barat Sukses Gelar Konferensi Nasional ke II