Rilis PersEveerth Joumilena dan Jean Bisay Pimpin AMSI Papua Periode 2020-2023

Eveerth Joumilena dan Jean Bisay Pimpin AMSI Papua Periode 2020-2023

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Dua wartawan senior, Eveerth Joumilena dan Jean Bisay terpilih memimpin Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Papua periode 2020-2023. Keduanya terpilih melalui konferensi wilayah II AMSI provinsi Papua yang diadakan secara virtual, Sabtu (24/7/2021) malam.

Dalam konferwil II AMSI Papua yang digelar secara daring lantaran masih di tengah situasi pandemi Covid-19, Eveerth Joumilena, pemimpin redaksi lintaspapua.com terpilih sebagai ketua, dan Jean Bisay, pemimpin redaksi jubi.co.id, sebagai sekretaris AMSI Papua periode 2020-2023.

Diawali sambutan mantan ketua AMSI Papua Syamsuddin Levi (kabarpapua.co), kegiatan berikut arahan Sekjen AMSI Pusat, Wahyu Dhyatmika (Tempo). Dilanjutkan oleh Upi Asmaradhana (kabarmakassar.com), koordinator AMSI Wilayah Indonesia Timur, menyampaikan sambutan sekaligus membuka secara resmi Konferwil II.

Jalannya konferensi dipimpin langsung ketua Steering Committee (SC) Konferwil AMSI Papua, Yohanis Samuel Nussy (gheroy.com) dan anggotanya Mujiono (seputarpapua.com). Kemudian selanjutnya diserahkan ke pimpinan sidang tetap, ketua Eveerth Joumilena bersama dua anggota, Arnoldus Belau (suarapapua.com) dan Beatrix Ibo (tvpapua.com).

Baca Juga:  Ribuan Data Pencaker Diserahkan, Pemprov PBD Pastikan Kuota OAP 80 Persen

“Secara sah dan resmi menetapkan Eveerth Joumilena sebagai ketua dan Jean Bisay sebagai sekretaris AMSI Papua periode 2020-2023,” kata Belau, anggota mewakili pimpinan sidang Konferwil II AMSI Papua.

Berbagai agenda yang dilalui yaitu mendengar laporan pertanggungjawaban pengurus AMSI Wilayah Papua periode 2017-2020 dan telah diterima oleh forum konferensi.

Dalam proses pemilihan ketua dan sekretaris secara demokrasi dengan sistem paket pasangan sesuai usulan pemilik hak suara, akhirnya dari penjaringan hingga proses pemilihan, secara musyawarah dan mufakat ketua dan sekretaris AMSI Papua periode 2020-2023 yang terpilih adalah Eveerth Joumilena (lintaspapua.com) dan Jean Bisay (jubi.co.id)

Sementara untuk Badan Pertimbangan dan Pengawas Organisasi (BPPO) AMSI Papua, ketua Syamsuddin Levi (kabarpapua.co), anggota Jerry Omona (metromerauke.com), dan Yulius Lopo (salampapua.com).

Terpilih pula Dewan Etik AMSI Papua yang diketuai Victor Claus Mambor (jubi.co.id), Paskalis Keagop (suaraperempuanpapua.id), dan Abdul Munib (kawattimur.id). Untuk anggotanya akan ditambah kemudian.

Baca Juga:  F-MRPAM Kutuk Tindakan Kekerasan Aparat Terhadap Massa Aksi di Jayapura 

Usai terpilih, Eveerth Joumilena menyampaikan terima kasih kepada pengurus sebelumnya yang telah menyiapkan proses Konferwil II AMSI Papua dan semua pengurus AMSI Pusat serta semua pekerja pers yang terlibat dalam persiapan hingga terselenggaranya Konferwil II.

“Kami bersyukur kepada Tuhan, karena diberikan kepercayaan dari rekan-rekan dalam proses pemilihan ini. Tentunya banyak tugas kita ke depan, sesuai agenda program kerja yang telah ditetapkan sebagai pokok-pokok pikiran program kerja yang akan kita jalani hingga tahun 2023,” tuturnya.

Selain pemilihan pengurus AMSI Papua, kata Dhoto Eveerth, dalam agenda Konferwil II juga telah ditetapkan pokok-pokok program kerja, antara lain penataan dan pengembangan organisasi, sertifikasi media, sertifikasi wartawan, peningkatan kapasitas wartawan dari anggota AMSI, pengembangan dan peningkatan kualitas komunikasi, koordinasi antar pengurus AMSI Papua, serta evaluasi kepengurusan.

Baca Juga:  PMKRI Kecam Tindakan Biadap Oknum Anggota TNI Siksa Warga Sipil di Papua

“Harapan kami, semoga tugas pokok ini bisa menjadi pekerjaan bersama dan tentunya semua bisa berjalan baik dan saling mendukung, terutama membangun komunikasi dan koordinasi sesama rekan jurnalis,” kata Eveerth.

Sementara itu, Jean Bisay menyatakan siap menerima amanah untuk menopang ketua dalam menjalankan roda organisasi AMSI Papua selama satu periode ini.

Untuk itu, Bisay berharap saran dan arahan dari sesama jurnalis demi kepentingan bersama.

“Kami tetap membutuhkan arahan, bimbingan dan dukungan semua rekan-rekan untuk kita bersama-sama memajukan AMSI Papua.”

Dhoto dan Jean menambahkan, selama masa kerjanya siap menerima jurnalis yang hendak bergabung dengan AMSI Papua. Hal itu akan diberi perhatian, dengan catatan tetap berpatokan pada mekanisme organisasi.

Materi anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART), katanya, akan segera disosialisasikan ke semua jurnalis yang bersedia bergabung sebagai anggota AMSI Papua. (*)

Terkini

Populer Minggu Ini:

ASN dan Honorer Setiap OPD di Paniai Dibekali Ilmu Protokoler dan...

0
"Kegiatan pembekalan ilmu kepada pegawai dan tenaga honorer di lingkungan Pemda Paniai seperti begini kami sangat mendukung. Humas luar biasa dan kepada peserta, saya minta ilmu yang sudah didapat harus dipraktekkan," ujarnya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.