BeritaPengakuan Hengky Heselo Terkait Kepala Suku Jayawijaya Tidak Mendasar

Pengakuan Hengky Heselo Terkait Kepala Suku Jayawijaya Tidak Mendasar

WAMENA, SUARAPAPUA.com— Pernyataan Hengky Heselo yang mengaku sebagai kepala suku Jayawijaya dan mendiskreditkan kelompok tertentu dinilai tidak berdasar.

“Pernyataan bapak Hengky Heselo yang mengaku diri sebagai kepala suku Kabupaten Jayawijaya sangat tidak mendasar, sebab di Kabupaten Jayawijaya tidak ada marga Heselo. Yang ada marga Heselo itu di Kabupaten Yahukimo atau wilayah Kurima dan sekitarnya,” kata Akatif Hisage, salah satu tokoh pemuda Kabupaten Jayawijaya kepada suarapapua.com, Senin (16/8/2021).

Ia mengakui pihaknya di Jayawijaya sama sekali tidak mengenal Hengky Heselo sebagai kepala suku Jayawijaya. Menurutnya, yang diketahui pihaknya bahwa Hengky Heselo adalah kepala desa Honelama, Kabupaten Jayawijaya, bukan kepala suku di Jayawijaya.

Baca Juga:  Asosiasi Wartawan Papua Taruh Fondasi di Pra Raker Pertama

“Kami juga punya Kepala suku sendiri di wilayah adat kami di Jayawijaya. Sebab jabatan kepala suku itu bukan melalui pemilihan, tetapi diturunkan melalui garis keturunan. Bapak Hengky sebagai kepala suku harus tahu diri bahwa posisinya ada di wilayah adat mana.”

Pernyataan itu disampaikan Akatif Hisage berkaitan dengan rekaman video pendek berdurasi 49 detik yang beredar di sosial media belum lama ini. Yang menyatakan bahwa dirinya (Hengky Heselo) sebagai kepala suku Kabupaten Jayawijaya minta Kapolda Papua agar segera memproses Yeimo, yang menurutnya merusak negara Republik Indonesia.

Baca Juga:  Wapres RI dan Enam Pj Gubernur Tanah Papua Dikabarkan Hadiri Hut PI Lembah Balim

Pernyataan itu dianggap Hisage merupakan pernyataan yang tidak pantas dan memalukan, karena telah mencatut nama baik kepala suku Jayawijaya dan masyarakat Kabupaten Jayawijaya secara keseluruhan.

“Dia mengaku sebagai kepala suku Jayawijaya dan minta Kapolda Papua segera proses hukum terhadap seorang “Yeimo”. Sayangnya, tak sebutkan nama karena “Yeimo” itu marga salah satu asal suku di Papua.”

“Kepala suku di suatu wilayah harus punya dusun, Honai adat, wilayah adat, bukan wilayah administrasi pemerintahan lalu mengaku diri sebagai kepala suku. Dia [Hengky Heselo] tidak punya wilayah adat apa-apa di Kabupaten Jayawijaya. Pernyataan Hengky telah melukai hati kepala suku di Jayawijaya dan meremehkan kepala-kepala suku yang ada di Jayawijaya,”

Baca Juga:  Pj Bupati Lanny Jaya Dituntut Kembalikan Tendien Wenda ke Jabatan Definitif

Oleh sebab itu Hisage berharap agar LMA Kabupaten Jayawijaya segera meminta klarifikasi oleh Hengky Heselo sesuai pernyataannya itu, terutama pengakuan dirinya sebagai kepala suku Jayawijaya.

 

Pewarta: Onoy Lokobal

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

ULMWP Himbau Rakyat Papua Peringati 1 Mei Dengan Aksi Serentak

0
“ULMWP sebagai wadah koordinatif gerakan rakyat, siap bertanggung jawab penuh atas semua rangkaian aksi yang dilakukan dalam bentuk apa pun di hadapkan kolonialisme Indonesia dan dunia Internasional.”

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.