Pelantikan Enam Pengurus Wilayah, Ubruangge: KNPB Harus Berjuang Secara Damai dan Bermartabat

0
1874
Foto bersama 6 pengurus KNPB wilayah Laapago yang baru dilantik di Kurulu, Sabtu (2/10/2021) kemarin. (Dok. KNPB)
adv
loading...

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Sebanyak enam badan pengurus Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Laapago resmi dilantik oleh Badan Pengurus Pusat KNPB. Acara pelantikan itu dilakukan pada 2 Oktober 2021 di Kurulu, Jayawijaya, Papua.

“Acara pelantikan, pengukuhan serta penyerahan SK itu kami lakukan hari Sabtu 2 Oktober 2021, di kampung Abusa, distrik Kurulu. Pelantikan dan pengukuhan dengan diawali ibadah singkat yang dipimpin pewarta Yusup, sekaligus pengukuhan 6 badan pengurus KNPB,” ujar Ones Suhuniap, Jubir Nasional KNPB Pusat, Minggu (3/10/2021).

Prosesi pelantikan itu katanya, dilakukan berdasarkan hasil keputusan rapat panitia pelaksana pelantikan 6 badan pengurus KNPB wilayah pada 18 September 2021. Yang mana rapat tersebut menyepakati pelantikan 6 pengurus KNPB wilayah dilakukan di Wamena pada 2 Oktober 2021.

“Berdasarkan hasil keputusan itu panitia menghubungi badan pengurus pusat untuk datang melakukan pelantikan dan dan menyerahkan SK kepada badan pengurus yang terpilih dalam konferensi wilayah masing-masing.”

Baca Juga:  Puskesmas, Jembatan dan Kantor Lapter Distrik Talambo Rusak Dihantam Longsor

Konferensi KNPB 6 wilayah tersebut dilakukan di masing-masing wilayah, di mana KNPB Balim dilakukan pada 11 Juli 2021 di Wamena, KNPB Balim Barat dilakukan 7 Mei 2021, KNPB Mamberamo Tengah 16 Mei 2021, KNPB Yalimo pada 22 Juli 2021, KNPB Ndugama pada 22 Mei 2021 dan KNPB Tolikara dilakukan pada 2 Juli 2021.

ads

Ones mengaku membacakan SK KNPB Pusat bagi pengurus 6 wilayah KNPB yang mana dilanjutkan dengan sumpah janji setia 6 pengurus dan dilantik KNPB Pusat. Setelah itu dilanjutkan dengan penyerahan SK dan pengukuhan oleh Yusup, hamba Tuhan.

Prosesi pelantikan 6 pengurus KNPB Wilayah oleh KNPB Pusat di Kurulu, Sabtu (2/10/2021) kemarin. (Dok. KNPB)

Enam pengurus KNPB wilayah yang dilantik adalah KNPB Balim diketuai Mardi Hiluka, KNPB Wilayah Balim Barat diketuai Kapas Tigi Wanimbo, KNPB Wilayah Yalimo diketuai Theonius Loho, KNPB Wilayah Mamteng diketuai Masohon Endabia, KNPB Wilayah Toly diketuai Hazan M Towolom, dan KNPB Wilayah Ndugama diketuai Dolia Ubruangge.

Baca Juga:  Forum Peduli Demokrasi Kabupaten Yahukimo Desak Pemilu di Dekai Diulang

Ones menjelaskan, dalam sambutannya ia mengajak rakyat wilayah Laapago bersama 6 badan pengurus wilayah KNPB yang baru dilantik untuk tetap konsisten memperjuangkan nasib bangsa Papua.

“Perjuangan Papua merdeka bukan ada di luar negeri, namun perjuangan ada dalam negeri. Sehingga pengurus baru yang dilantik menjadi pelopor bagi rakyat Papua untuk terus berjuang merebut revolusi demokratik,” tukasnya.

Ketua KNPB Yalimo yang baru dilantik, Theonius Logo mewakili 6 pengurus KNPB Wilayah meminta kepada semua badan pengurus yang dilantik agar agar tetap konsisten berjuang tentang agenda hak penentuan nasib sendiri bagi rakyat West Papua secara damai dan bermartabat.

Baca Juga:  Penyebutan Rumput Mei Dalam Festival di Wamena Mendapat Tanggapan Negatif

Ketua KNPB Ndugama, Dolia Ubruangge yang juga mewakili unsur perempuan meminta kepada 6 pengurus KNPB Wilayah agar menjadi contoh bagi rakyat Papua.

“Pejuang KNPB harus menghindar dari hal-hal moralitas seorang pejuang KNPB. Menghindar dari minuman keras dan judi, serta hal lain yang merusak citra perjuangan KNPB secara damai dan bermartabat. Pejuang harus mati terhormat dalam perjuangan pembebasan nasional Papua Barat. Jangan aktivis KNPB mati dan masuk penjara karena minuman keras atau aksi kriminal yang tidak sesuai dengan perjuangan damai,” tegas Ubruangge.

Acara pelantikan itu diakhiri dengan makan bersama seluruh pengurus 6 wilayah dan rakyat Papua serta undangan yang hadir.

Pewarta: Elisa Sekenyap

Artikel sebelumnyaKoalisi MSPPM: Aparat Telah Melakukan Penyiksaan Terhadap Pengungsi Maybrat
Artikel berikutnyaFMYN Minta Mahasiswa Yahukimo Berperan Aktif Menyelesaikan Konflik di Dekai