BeritaTato Bintang Kejora Batasi Trio Papua Tampil di Pembukaan PON XX

Tato Bintang Kejora Batasi Trio Papua Tampil di Pembukaan PON XX

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Ada berbagai cerita menarik dari pembukaan pergelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada 2 Okober 2021 di stadion Lukas Enembe, kampung Harapan Sentani, Jayapura, Papua.

Mulai dari cerita menarik hingga cerita memilukan. Mulai dari para penyanyi hingga anggota dewan. Mulai dari cerita bintang kejora, hingga hinggar bingar persoalan kemanusiaan di tanah Papua.

Sebagaimana dialami oleh punggawa grup musik trio Papua yang terdiri dari Jimmy Mansawan, Dorkas Waroy dan Gracella Mayor. Mereka tiga diketahui telah diundang PB PON Papua untuk mengisi acara pembukaan PON yang akan berlangsung 2-15 Oktober 2021 itu.

Baca Juga:  Inilah Tiga Pemain Keturunan Indonesia di Euro 2024

Namun demikian, mereka akhirnya tidak bisa tampil sebagaimana undangan yang dialamatkan kepada mereka hanya karena persoalan tato di badan.

Jimmy Mansawan mengaku dirinya ditolak dan dilarang menyanyikan lagu Indonesia Raya dalam pembukaan PON XX Papua di stadion Lukas Enembe 2 Oktober 2021 karena tato flag [bendera] Papua [bintan kejora] di badannya.

Aksi penolakan itu direspon rekannya, Dorkas dan Gracelia untuk tidak tanpil walaupun diijinkan tampil atas nama pribadi.

“Mereka tetap mengundurkan diri sebagai ikatan grup kami Trio Papua,” tukas Mansawan.

Baca Juga:  Terima Kasih Warga Sorong, Sumbangan Dana Telah Disalurkan Kepada Korban Bencana di Yahukimo

Hal berbeda dialami Alfred Fredy Anouw, Anggota DPRP Papua, yang mana telah menerima undangan untuk menghadiri pembukaan PON XX Papua di stadion Lukas Enembe pada 2 Oktober 2021.

Undangan PB PON Papua yang ditujukan kepada Alfred Fredy Anouw. (FB – SP)

Namun ia tetap memilih tidak menghadiri acara pembukaan PON Papua tersebut. Karena menurutnya, ada persoalan penting di tanah Papua yang mesti diberi perhatian dari pada acara seremonial tersebut.

“Bukannya tidak mau menghargai undangan, tapi saya harus menepati janji saya. Sekali lagi, saya mohon maaf, tidak bisa menghadiri pesta akbar di atas darah dan air mata rakyat kami [Papua],” tukas Alfred, Anggota Komisi IV DPRP Papua itu.

Baca Juga:  Waligi FC Juarai Turnamen Festival Rumput Mei di Jayawijaya

Inilah artis-artis yang sebelumnya diundang PB PON Papua untuk meramaikan seremonial pembukaan PON XX Papua 2021 di stadion Lukas Enembe kampung Harapan Jayapura, Papua, 2 Oktober 2021.

Penampilan pra acara:

  1. D’Uzzy
  2. Kaonak Group Papua

Pembawa acara pra-acara:

  1. Raffi Ahmad
  2. Intan Saumadina
  3. Piter Ginuny
  4. Irsa Yoku

Penampilan opening ceremony:

  1. Tulus
  2. Ruth Sahanaya
  3. Michael Jakarimilena
  4. Nowela Elizabeth Auparay
  5. Vien Mangku ft. Qhiba Mansawan
  6. Joanita Chatarine
  7. Papua Original
  8. Edo Kondologit
  9. Lea Simanjuntak
  10. Trio Papua
  11. Albert Fakdawer
  12. Oyandi Voice
  13. Padus Gema Chandra Universitas Cenderawasih

 

Pewarta: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Pj Bupati Lanny Jaya Perintahkan Inspektorat Datangi Setiap OPD

0
“Selama satu minggu ini Inspektorat akan turun lapangan. Semua kepala dinas harus standby di kantornya masing-masing,” ujar Alpius Yigibalom.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.