BeritaOlahragaDiikuti 14 Tim, Liga 3 Papua 2021 Siap Digelar di Jayapura

Diikuti 14 Tim, Liga 3 Papua 2021 Siap Digelar di Jayapura

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Sempat tertunda dari rencana awal lantaran dua event nasional yakni Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI di Tanah Papua baru-baru ini, akhirnya kompetisi Liga 3 zona Papua tahun 2021/2022 akan segera digulirkan.

Dipastikan dalam manager meeting, Jumat (19/11/2021) sore, terdaftar 14 tim sebagai kontestan kompetisi kasta ketiga Indonesia untuk zona Papua tahun ini. Kompetisinya akan dimulai 24 November 2021.

Rocky Bebena, wakil ketua Asprov PSSI Papua menyebutkan, 14 tim yang dinyatakan sebagai peserta kompetisi Liga 3 Papua tahun 2021, yakni Dogiyai FC, Persemi Mimika, Persimer Merauke, Persigubing Pegunungan Bintang, Persilani Lanny Jaya, Persitoli Tolikara, Persidafon Dafonsoro, Persimi Sarmi, Sarmi FC, Persiker Keerom, Persimar Mamberamo Raya, Mamberamo United, PS Embun Supiori, dan Elang Brimob FC.

Awalnya 16 tim mendaftar, tetapi menurut Rocky Bebena, terakhir hanya 14 tim yang memastikan bersedia mengikuti kompetisi di Jayapura.

Pada kompetisi tahun ini, kata Rocky, proses pendaftaran tim agak berbeda dari sebelumnya.

“Pendaftarannya secara online. PSSI menyediakan aplikasi yang namanya SIAP (Sistem Informasi dan Administrasi PSSI). Kalau ada syarat yang keabsahannya diragukan, entah KTP, kartu keluarga, akte kelahiran, ijazah, atau sertifikat vaksin, pasti sistem tolak. Pengurus dari setiap klub harus perhatikan hal ini,” jelasnya.

Baca Juga:  Hajar Semen Padang 3-0, PSBS Biak Kunci Juara Liga 2

Pemberlakuan aplikasi SIAP, kata Rocky Bebena, tak hanya Liga 3, tetapi juga untuk Liga 1 dan Liga 2.

Sejumlah kekurangan persyaratan dari masing-masing klub diingatkan segera dilengkapi sebelum match coordination meeting (MCM) atau technical meeting yang akan digelar sehari sebelum kick-off.

“Masih ada beberapa hari untuk rampungkan yang kurang itu. Sebelum kick-off tidak ada kendala lagi dalam kompetisi Liga 3,” imbuh Rocky.

Malhai Mabel, ketua panitia pelaksana Liga 3 Asprov PSSI Papua, menyatakan siap menggelar kompetisi dengan peserta sebanyak 14 tim.

“Kami panitia pada intinya sudah siap sukseskan kompetisi Liga 3 zona Papua. 14 tim yang telah terdaftar ini kami minta ikuti semua aturan dan ketentuan. Kita selenggarakan dengan berpatokan pada regulasi yang ditetapkan PSSI,” ujar Mabel.

Anggota Exco Asprov PSSI Papua ini menambahkan, hal-hal teknis termasuk format kompetisi, penetapan stadion dan jadwal pertandingan akan dibahas saat technical meeting.

Baca Juga:  Leg Kedua Sore Ini di Biak, Persiraja Siap Dipulangkan PSBS

Ketentuan PSSI

Pelaksanaan kompetisi Liga 3 termasuk Liga 1 dan Liga 2 diputuskan dalam rapat Komite Eksekutif PSSI dan seluruh Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI, Selasa, 7 September 2021. Sebelumnya PSSI adakan kongres tahunan di Jakarta, 19 Mei 2021.

Dalam rapat virtual itu, Mochamad Iriawan, ketua umum PSSI, mengemukakan, setelah Liga 1 dan Liga 2 digulirkan akan disusul dengan kompetisi Liga 3 di seluruh Indonesia.

Mochamad Iriawan yang akrab disapa Iwan Bule, menyatakan, ada sedikit perubahan format kompetisi musim ini. Yakni, PSSI dan PT LIB selaku operator liga meniadakan putaran regional karena masih dalam masa pandemi Covid-19.

Hal itu tentu berbeda dengan musim kompetisi sebelumnya yang menggelar putaran regional untuk menyaring kontestan dari tingkat provinsi ke nasional.

Artinya, kata Iwan Bule, pada musim ini perwakilan provinsi langsung berlaga di putaran nasional.

“Pada babak putaran nasional Liga 3 2021 akan diikuti oleh 64 klub,” katanya, dikutip dari laman PSSI.

Keputusan lainnya, imbuh Iriawan, jatah promosi ke Liga 2 musim berikut akan bertambah menjadi 8 klub dari sebelumnya hanya 6 klub.

Baca Juga:  Manajer RANS FC Kembali Merumput, Kok Bisa?

“Setelah rapat Komite Eksekutif PSSI bersama Asprov, kami memutuskan bahwa ada delapan klub dari Liga 3 musim ini akan lolos ke Liga 2 musim depan.”

Iwan Bule juga berterimakasih kepada seluruh Asprov PSSI yang masih bersemangat memajukan sepak bola Indonesia dengan tetap menjalankan berbagai program di tengah pandemi Covid-19.

Yunus Nusi, sekjen PSSI, menyatakan, untuk kompetisi Liga 3, putaran provinsi diselengggarakan oleh Asprov PSSI dan sudah harus tuntas dalam bulan Desember 2021. Setelahnya, putaran nasional dimulai Januari 2022 dengan total 64 tim dari putaran provinsi.

Diketahui, kompetisi Liga 3 2021 merupakan edisi keempat setelah musim 2020 dibatalkan akibat Covid-19 dan edisi kelima di bawah struktur liga saat ini.

Dalam kompetisi Liga 3, batasan usia pemain adalah kelahiran 1 Januari 1999 sampai dengan 31 Desember 2003 yakni dibawah 20 tahun, ditambah lima pemain senior. Jumlah yang didaftarkan maksimal 35 pemain.

Ketentuan lain, pelatih berlisensi minimal Lisensi C AFC. Jumlah ofisial yang didaftarkan maksimal 10 orang. Pendaftaran klub dan pemain melalui sistem daring SIAP.

Pewarta: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

Pemkab Yahukimo Belum Seriusi Kebutuhan Penerangan di Kota Dekai

0
“Pemerintah kita gagal dalam mengatasi layanan penerangan di Dekai. Yang kedua itu pendidikan, dan sumber air dari PDAM. Hal-hal mendasar yang seharusnya diutamakan oleh pemerintah, tetapi dari pemimpin ke pemimpin termasuk bupati yang hari ini juga agenda utama masuk dalam visi dan misi itu tidak dilakukan,” kata Elius Pase.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.