BeritaOlahragaDogiyai FC Target ke Putaran Nasional

Dogiyai FC Target ke Putaran Nasional

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Dogiyai FC memasang target khusus di kompetisi Liga 3 PSSI zona Papua tahun 2021 yang telah dimulai mulai Jumat (26/11/2021) sore di Stadion Barnabas Youwe, Sentani, kabupaten Jayapura.

Yakobus Odiyaipai Dumupa, ketua umum Dogiyai FC, mengaku klubnya tak asal ikut meramaikan kompetisi Liga 3 tahun ini.

“Dogiyai FC akan bertanding di Liga 3 ini dengan target yang jelas, yakni meraih juara untuk bisa wakili provinsi Papua bertanding di putaran nasional,” ujarnya saat menyampaikan arahan kepada para pemain, pelatih dan official, Kamis (25/11/2021) sore.

Tak cuma itu, Dumupa bahkan tegaskan komitmen pihaknya sejak awal bahwa Dogiyai FC harus naik level.

“Tahun ini harus juara dan lolos ke Liga 2. Itu komitmen kami. Bagaimana menterjemahkan komitmen kami, kembali ke kesiapan para pemain bersama pelatih dan official tim. Yang pasti, kami siap dukung Dogiyai FC berkompetisi,” tandasnya.

Baca Juga:  PFA Cetak Sejarah Gemilang di Selangor Open Malaysia dan Piala Barati 2024

Terpisah, Ismael Y Dimara, manajer Dogiyai FC, mengatakan, segala urusan menyangkut pemain telah diserahkan ke pelatih kepala Eduard Isir bersama staf pelatih untuk menangani proses seleksi hingga penentuan skuat dan latihan terpusat di Waena, kota Jayapura.

“Soal pemain, kewenangan pelatih. Manajemen mengurus semua kebutuhan tim dalam mengikuti kompetisi Liga 3 ini,” ujar Ismael.

Dari kuota yang disediakan PSSI, Dogiyai FC menurutnya mematok target menjuarai kompetisi Liga 3 zona Papua tahun 2021.

“Kami sangat siap ikut kompetisi ini di putaran provinsi dan putaran nasional,” tegasnya.

Dimara juga mengaku mendapat hasil technical meeting yang diadakan Asprov PSSI Papua sebelum kick off.

Berdasarkan hasil drawing, Dogiyai FC tergabung di Pool B bersama Persimer Merauke, Persemi Mimika, dan Persiker Keerom. Tempat pertandingannya di Stadion Mandala, Kota Jayapura.

Baca Juga:  Hajar Semen Padang 3-0, PSBS Biak Kunci Juara Liga 2

Laga pembuka Pool B akan mempertemukan Persemi Mimika versus Dogiyai FC, Sabtu (27/11/2021) sore.

Usai tecnical meeting, Kamis (25/11/2021) malam, Rocky Bebena, wakil ketua Asprov PSSI Papua, kepada wartawan, mengatakan, pihaknya akan mengupayakan ada dua tim jatah dari Asprov PSSI Papua lolos ke babak selanjutnya di putaran nasional.

Hal itu juga menurutnya sangat tergantung dari penilaian laporan pertandingan.

“Sampai hari ini masih satu kuota saja. Kalaupun ada dua, itu tergantung dari hasil kompetisi kita. Nah, hasil kompetisi ini beberapa hal yang menjadi penilaian. Salah satunya adalah laporan pertandingan. Itu pasti,” kata Rocky.

“Laporan pertandingan itu kan PSSI minta kita untuk up-date by system. Jadi, kalau setelah pertandingan, nanti mereka lihat dari penyelenggaraan itu bisa melaksanakan secara PSSI itu siapa (yang) siap. Kita tidak bisa berikan janji kalau kita sendiri belum laksanakan itu,” ujarnya.

Baca Juga:  Leg Kedua Sore Ini di Biak, Persiraja Siap Dipulangkan PSBS

Rocky menyatakan, kompetisi Liga 3 zona Papua akan diikuti 9 tim dari sebelumnya direncanakan 14 tim. Lima tim dianggap mengundurkan diri karena belum mampu memenuhi persyaratan administrasi sebelum dilakukan drawing.

Dari hasil drawing, diketahui 9 tim terbagi dalam dua pool.

Di Pool A, terdapat lima tim, yakni Mamberamo United FC, Elang Brimob FC, Persigubin Pegunungan Bintang, Persitoli Tolikara, dan Persimi Sarmi. Sementara, Pool B 4 tim, yakni Persiker Keerom, Dogiyai FC, Persemi Mimika, dan Persimer Merauke.

Panpel akan menyelenggarakan pertandingan di Stadion Barnabas Youwe (untuk Pool A), dan Stadion Mandala (Pool B).

Kompetisi Liga 3 telah dibuka secara resmi Jumat (26/11/2021) sore di Stadion Barnabas Youwe, Sentani, kabupaten Jayapura.

PS Elang Brimob kontra Mamberamo United FC menjadi laga pembuka kompetisi kasta ketiga untuk zona Papua.

Pewarta: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

Hari Konsumen Nasional 2024, Pertamina PNR Papua Maluku Tebar Promo Istimewa...

0
“Kami coba terus untuk mengedukasi masyarakat, termasuk para konsumen setia SPBU agar mengenal Pertamina, salah satunya dengan menggunakan aplikasi MyPertamina sebagai alat pembayaran non tunai dalam setiap transaksi BBM,” jelas Edi Mangun.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.