PPMN akan Terlibat Sosialisasi Vaksinasi Covid-19 di Kota Jayapura

0
1175

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) akan melakukan konsolidasi dan pelatihan bagi Jurnalias Warga yang direkrut  untuk terlibat dalam program vaksinasi covid-19, Selasa (22/2/2022) di Ruang Rapat KPA Kota Jayapura Papua.

Program vaksinasi covid-19 di Provinsi Papua masih dibawah target yaitu baru mencapai 26%, dan khusus untuk Kota Jayapura hingga desember 2021 pemberian vaksin tahap  pertama capai 74% dan tahap kedua capai 54%, sedangkan di beberapa daerah kabupaten/kota capaian program vaksinasi masih dibawah 5%.

Hiswita Pangau Jurnalis Warga mengatakan Berbagai upaya dilakukan pemerintah guna meningkatkan capaian pemberian vaksin bagi masyarakat, dengan melibatkan TNI/Polri, organisasi masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan seluruh stakeholder tapi masih dibawh 100 persen.

Baca Juga:  Parpol Harus Terbuka Tahapan Penjaringan Bakal Calon Bupati Tambrauw

“Memberikan edukasi dan sosialisasi baik secara langsung maupun tidak langsung, termasuk diberbagai media-media namun masih jauh dari sasaran,” kata Pangau.

Dia menilai Keterbatasan akses dengan berbagai karakteristik masyarakat yang berbeda-beda menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah dan tenaga kesehatan dalam menjalankan program vaksinasi.

ads

“Minimnya pengetahuan masyarakat menjadi salah satu tantangan bagi pemerintah dan stakeholder dalam program vaksinasi covid-19,” katanya.

Baca Juga:  KPK Menang Kasasi MA, Bupati Mimika Divonis 2 Tahun Penjara

Selain itu kata Pangau, kalangan masyarakat termakan Hoaks atau mitos menjadi ketakutan terhadap efek samping sangat tinggi, sehingga dirasa perlu untuk meningkatkan pemberian sosialisasi bagi masyarakat melalui jurnalis warga.

“Peran Jurnalis Warga sebagai bagian dari perpanjangan informasi sangat dibutuhkan, untuk membantu pemerintah, dinas kesehatan dan para pemangku kepentingan untuk memberikan informasi yang baik dan benar kepada masyarakat serta meningkatkan cakupan vaksinasi di masyarakat,” katanya.

Sari Yusnita Pabeno Kepala Seksi Pencegahaan dan Pengendalian Penyakit Menular Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kota Jayapura, keterlibatan Jurnalis Warga itu sangat penting untuk membantu pemerintah menjadi perpanjangan informasi di lapangan.

Baca Juga:  Heboh! Banyak Bangkai Babi di Mimika Dibuang ke Aliran Sungai

“Ini sangat menarik dan sebagai Jurnalis Warga menulis dan jadi infomen untuk memperluas jangkauan dan cakupan program vaksinasi covid-19,” katanya.

Binton Nainggolan Kadis Kominfo Kota Jayapura, mendukung kerja sama antar pemerintah bersama  jurnalias warga untu menjadi satu informasi pemerintah dan masyarakat.

“Semoga jurnalis warga ini dapat berperan aktif dalam membantu elemen masyarakat dan pemerintah untuk mendukung program vaksinasi covid-19,” harapnya.

Pewarta: Atamus Kepno
Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaGIDI Pantura Klasis Wayu Wanggar Nabire Gelar Konferensi Klasis Ke-II
Artikel berikutnyaPolda Papua Barat Umumkan 11 Orang DPO Terkait Penembakan Tiga Anggota TNI