Fokus Tiga Bidang, Bappeda Paniai Gelar Musrenbang RKPD 2023 Tingkat Distrik

0
809

PANIAI, SUARAPAPUA.com— Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Paniai menggelar musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat distrik se-kabupaten Paniai dalalm rangka menyusun program perencanaan kerja pembangunan daerah (RKPD) tahun 2023.

Kegiatan tersebut digelar di aula Kantor Distrik Paniai Timur, Paniai, Selasa (22/10/2022) dan di ikuti 9 kepala distrik dan beberapa kepala kampung yang termasuk dalam wilayah I.

Ke sembilan distrik tersebut adalah distrik Paniai Timur, Wege Muka, Wege Bino, Bibida, Duma Dama, Dogomo, Pugo Dagi, Yatamo dan distrik Deiyai Miyo. Juga dihadiri kepala Bappeda Paniai dan sejumlah staf Bappeda yang menamakan diri sebagai tim tenaga asistensi Bappeda.

Baca Juga:  Polda Papua Diminta Evaluasi Penanganan Aksi Demo di Nabire

“Jadi, kegiatan ini adalah kegiatan lanjutan kami di tingkat distrik setelah selesai di tingkat kampung. Dan kegiatan Musrenbang ini merupakan satu tahapan dari beberapa tahapan yang kami buat untuk mendengarkan langsung dari mereka para kepala distrik dan kepala kampung tentang program apa yang mereka mau sesuai kebutuhan di kampung mereka dan di distrik mereka,” ujar Kepala Bappeda Kabupaten Paniai, Dance Gobai saat memberikan keterangan kepada suarapapua.com usai kegiatan.

Gobai mengatakan usulan program yang pihaknya sarankan untuk usulkan fokus pada tiga bidang pokok yaitu, bidang ekonomi, sosial dan budaya (Sosbud) serta infrastruktur.

ads
Baca Juga:  Situasi Paniai Sejak Jasad Danramil Agadide Ditemukan

“Tiga bidang ini sesuai dengan visi-misi bupati, dengan maksud supaya apa yang sudah menjadi visi dan misi dari pemerintah sekarang dapat terwujud. Kami senang, mereka pun kemudian mengusulkan semua program sesuai dengan arahan kami,” ucapnya.

Katanya, semua program telah diusulkan, selanjutnya pihaknya akan kawal agar dapat disahkan.

“Tetapi semua itu harus didiskusikan di tingkat OPD. Dalam waktu dekat kami akan lakukan, sehingga sudah tadi saya sampaikan ke mereka, supaya mereka juga ikut kawal,” katanya.

Kepala distrik Paniai Timur, Alfred Yogi, mengatakan semua program diusulkan sudah sesuai dengan arahan Bappeda.

Baca Juga:  Desak Pelaku Diadili, PMKRI Sorong Minta Panglima TNI Copot Pangdam Cenderawasih

“Apa yang diminta pemerintah daerah lewat Bappeda yaitu tiga bidang sesuai visi dan misi bupati, semua sudah kami usul. Usulan programnya tidak hanya dari tingkat distrik, dari tingkat kampung juga. Oleh karena itu, kami para kepala distrik dan kampung sudah berkomitmen akan kawal terus supaya program yang disahkan sesuai dengan yang kami usulkan,” kata Alfred.

Ia juga menambahkan bahwa program-progam diusulkan agar benar-benar sesuai kebutuhan masyarakat saat ini yang kemudian harus diwujudkan.

 

Pewarta: Stevanus Yogi
Editor: Elisa Sekenyap

Artikel sebelumnyaHentikan Kriminalisasi Pembela HAM: Bebaskan Fatia & Haris!
Artikel berikutnyaKetua Parlemen Nasional West Papua Ditangkap Polisi di Kota Jayapura