PolhukamDemokrasiBelum Sampaikan Aspirasi, Massa Aksi Tolak DOB di Timika Dibubarkan Paksa

Belum Sampaikan Aspirasi, Massa Aksi Tolak DOB di Timika Dibubarkan Paksa

PANIAI, SUARAPAPUA.com — Aksi massa tolak pembentukan daerah otonom baru (DOB) yang digelar Petisi Rakyat Papua (PRP) di Timika, Senin (18/4/2022) dibubarkan paksa oleh aparat kepolisian.

Ardi Murib, koordinator PRP Mimika, menyayangkan tindakan aparat keamanan ketika rakyat hendak sampaikan aspirasi. Menurutnya, kejadian ini menunjukkan tiadanya kebebasan demokrasi yang makin dibungkam negara melalui aparat keamanan.

“Aparat gabungan TNI/Polri menghadang kawan-kawan dan membubarkan secara paksa hingga ada beberapa kawan kami yang terluka dan ada juga ditangkap,” kata Murib.

Baca Juga:  Vince Tebay, Perempuan Mee Pertama Raih Gelar Profesor

Tindakan aparat kepolisian terlalu represif menghadapi massa aksi tolak DOB di Timika. Sebab, menurut Murib, aspirasi belum disampaikan ke DPRD Mimika, aparat kepolisian sudah memblokade massa aksi di tengah jalan hingga membubarkan dengan menembaki gas air mata dan massa dipukul pakai popor senjata.

“Polisi bubarkan kami secara paksa dan saya sendiri kena popor senjata di kepala. Ada kawan-kawan lain juga dapat pukul, terus beberapa orang ditahan oleh Polres Mimika,” jelasnya.

Baca Juga:  HRM Rilis Laporan Tahunan 2023 Tentang HAM dan Konflik di Tanah Papua

Tujuh orang massa aksi yang ditahan aparat kepolisian, sudah dibebaskan pada pukul 14.00 WIT.

Keterangan tertulis yang diterima media ini, AKBP IGG Era Adhinata, Kapolres Mimika, mengatakan, aksi tersebut sangat berbeda dan tidak jelas. Sebab katanya aksi tolak DOB dapat mengganggu situasi Kamtibmas, apalagi masih dalam suasana perayaan Paskah.

“Dia (massa pendukung DOB) datang dengan baik, jelas. Ini (aksi tolak DOB) tidak jelas, dari mana mereka tiba-tiba muncul dari lorong-lorong dan lakukan pelemparan kepada aparat. Lemparannya tidak kena anggota kami, hanya kena beberapa mobil. Tetapi tidak masalah,” kata Kapolres Mimika.

Baca Juga:  Teror Aktivis Papua Terkait Video Penyiksaan, Kawer: Pengekangan Berekspresi Bentuk Pelanggaran HAM

Pewarta: Yance Agapa
Editor: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

Pemkab Yahukimo Belum Seriusi Kebutuhan Penerangan di Kota Dekai

0
“Pemerintah kita gagal dalam mengatasi layanan penerangan di Dekai. Yang kedua itu pendidikan, dan sumber air dari PDAM. Hal-hal mendasar yang seharusnya diutamakan oleh pemerintah, tetapi dari pemimpin ke pemimpin termasuk bupati yang hari ini juga agenda utama masuk dalam visi dan misi itu tidak dilakukan,” kata Elius Pase.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.