Mengenal Asuransi Perjalanan dan Tips Memilihnya

0
691

Perjalanan wisata menjadi hal yang dinantikan setelah penat bekerja ataupun menjalani aktivitas lainnya. Sehingga, liburan menjadi aktivitas melepas penat atau yang sekarang disebut sebagai healing.

Meski liburan adalah hal yang mengasyikkan, namun bukan berarti Anda bisa terlepas dari kerugian-kerugian seperti pembatalan perjalanan, keterlambatan bagasi, dan mengalami kecelakaan selama perjalanan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Karena itu, Anda perlu mencari asuransi perjalanan dan pertanggungannya agar nyaman selama liburan.

Asuransi perjalanan adalah jenis asuransi yang memberikan ganti rugi atas kejadian tidak menyenangkan yang dialami nasabah selama bepergian. Bahkan, di negara Eropa, asuransi perjalanan menjadi hal yang wajib ketika mengajukan visa.

Sebelum memilih, ada baiknya ada memahami tips-tips di bawah ini untuk mendapatkan asuransi jiwa terbaik seperti asuransi jiwa Car Life.

Tips Memilih Asuransi Perjalanan

ads

1. Menyediakan Waktu Khusus untuk Memilih

Ada baiknya Anda mempersiapkan waktu tersendiri dalam memilih asuransi perjalanan, terutama bagi orang yang pertama kali melakukannya. Dengan memilih waktu yang luang, Anda bisa mencari asuransi perjalanan dengan lebih optimal.

Baca Juga:  PIN Polio Dilaunching, Dinkes Targetkan Sasar 16.448 Anak Usia 0-7 Tahun di Intan Jaya

Ketika persiapan yang dilakukan dalam memilih asuransi perjalanan mepet, maka besar kemungkinan Anda sebagai wisatawan akan kesulitan dalam menyesuaikan dana dengan jenis perlindungan yang akan dibutuhkan.

2. Pertimbangkan Reputasi Perusahaan Asuransi

Produk bagus yang ditawarkan tidak selalu menjadi solusi dalam mencari asuransi. Bisa saja produk bagus yang ditawarkan berasal dari perusahaan dengan reputasi yang kurang baik.

Jika Anda mulai tergiur akan produk yang ditawarkan ada baiknya untuk mengecek bagaimana reputasi perusahaan asuransi terkait.

Cara terbaik dalam mengetahui reputasi perusahaan adalah dengan melihat jejak rekam performa perusahaan selama beberapa tahun terakhir. Anda juga bisa mencari tahu bagaimana pelayanan mereka kepada nasabahnya.

Dengan mengetahui reputasi perusahaan asuransi perjalanan, Anda bisa mengetahui seberapa aman perlindungan yang diberikan atas investasi Anda. Sehingga Anda akan selalu merasa aman dan tentram saat membayar premi.

Saat memilih asuransi, hal yang terpenting adalah mengetahui kebutuhan dan apa yang diinginkan. Jangan sampai over insurance, karena hal ini akan membuat pengeluaran semakin membengkak tanpa ada manfaat yang berarti.

Baca Juga:  TP PKK Intan Jaya Dukung Pelaksanaan PIN Polio di Kab. Intan Jaya

3. Besaran Pertanggungan

Para nasabah atau pembeli premi asuransi perjalanan hendaknya meneliti dengan detail pertanggungan apa saja yang disediakan oleh perusahaan. Jangan sampai membeli premi asuransi yang sama dengan premi yang telah dimiliki.

Misalnya, jika Anda sudah memiliki premi asuransi jiwa, maka ada baiknya Anda cukup membeli asuransi perjalanan yang hanya menanggung kehilangan barang.

4. Jangka Waktu Perlindungan

Anda bisa memilih asuransi perjalanan yang sesuai dengan durasi perjalanan yang dilakukan. Asuransi perjalanan terkadang hanya akan menanggung risiko selama perjalanan.

Misalnya, jika Anda berangkat pada tanggal 6 Agustus hingga 10 Agustus, maka asuransi hanya berlaku selama dua tanggal yang tercetak pada tiket perjalanan.

5. Ruang Lingkup Perlindungan

Dalam melakukan perjalanan wisata maupun berjalanan dengan resiko tinggi, terkadang perusahaan asuransi enggan menanggung. Maksud dari risiko tinggi di antaranya adalah olahraga ekstrem, wisata alam liar, atau berpergian ke daerah yang berbahaya, seperti daerah konflik.

Baca Juga:  128 Ekor Hewan Kurban Dari Pertamina Regional Papua Maluku untuk Masyarakat

Untuk itu, aktivitas ekstrem terkadang dimasukkan ke dalam premi tambahan dalam asuransi. Oleh sebab itu, maka sangat dianjurkan untuk melaporkan segala rincian kesehatan di tahap awal dengan sebetulnya untuk menghindari penolakan klaim.

Ketika melakukan perjalanan yang jauh, baik ke luar kota atau ke luar negeri, ada baiknya Anda untuk mempertimbangkan asuransi perjalanan. Karena asuransi menawarkan produk-produk yang sangat berguna sebagai antisipasi bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Asuransi CAR life menyediakan produk asuransi yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan pesaingnya. Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat dalam produk asuransi jiwa dari CAR Life, salah satunya adalah santunan meninggal dunia hingga Rp100 miliar ditambah dengan pengembalian premi 50% dan penanggungan hingga usia 90 tahun.

Dengan segala kemudahan yang diberikan oleh asuransi perjalanan, pembelian asuransi bisa memiliki dampak yang bagus dalam perjalanan wisata Anda.

Anda tidak akan merasa khawatir apabila terjadi hal-hal yang diinginkan. Pertimbangkan asuransi perjalanan dengan baik, maka perjalanan wisata yang Anda lakukan menjadi asyik. (Adv)

Artikel sebelumnyaPemerintah Indonesia Didesak Mengakui Hak-hak Dasar Masyarakat Adat Orang Asli Papua
Artikel berikutnyaKNPB Yahukimo Himbau Bulan Agustus Adalah Hari Anti Rasisme, Bukan Memeriahkan Hut RI