Dibiayai Dana Desa, Peres Hubusa Berhasil Sandang Gelar Magister dari Uncen

0
1333

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Peres Hubusa berhasil menyandang gelar magister dari Universitas Cenderawasih. Dengan bantuan biaya dari dana desa, ia berhasil menyelesaikan studi magister pada bidang sains.

Korintus Iksomon, Kepala Kampung Ohina, Distrik Heriabini, Kabupaten Yahukimo, mengatakan, Desa yang ia pimpim mengalokasikan anggaran untuk membiayai pendidikan generasi muda yang mengenyam pendidikan. Salah satu hasilnya ialah Peres Hubusa yang telah menyelesaikan magister dari Uncen.

Dia menjelaskan, pemerintah Kampung Ohina memang mengalokasikan anggaran untuk kepentingan membiayai para generasi muda di kampungnya. Dana desa tidak hanya digunakan untuk bangunan fisik rumah layak huni, infrastruktur dan lainnya, tetapi juga menyiapkan SDM dengan membiayai para anak muda.

Baca Juga:  KPU Papua Terpaksa Ambil Alih Pleno Tingkat Kota Jayapura

“Salah satu SDM ini penting karena kita di Papua lebih khusus wilayah pegunungan itu banyak anak-anak ingin sekolah tapi karena kendalanya uang, jadi sulit. Untuk itu kami alokasikan anggaran untuk biayai kuliah untuk anak-anak dari Kampung Ohina,” jelasnya kepada wartawan saat melakukan Ibadah syukuran Wisudawan Peres Hubusa, Selasa (30/8/2022) di Komplek IKBM Abepura Jayapura, Papua.

Korinus Iksomon Kepala Kampung Ohina Distrik Heriabini Kabupaten Yahukimo (Atamus Kepno-SP)

Korintus berterima kasih kepada pemerintah pusat, provinsi dan Daerah memberikan jaminan melalui anggaran Dana Desa maka dorong SDM demi kemajuan daerah tertinggal pendidikan.

ads
Baca Juga:  57 Tahun Freeport Indonesia Berkarya

“Pemerintah anggarkan Dana Desa ini, maka bantu kita mendorong anak-anak sekolah supaya besok membawa perubahan di daerah atau kampung kami. Jadi kami 517 Kampung ini sama perintahnya sama karena satu pemerintahan tetapi penggunaannya beda-beda. Ada kampung yang fokus pembangunan fisik tapi ada kampung lebih fokus pendidikan,” jelasnya.

Lanjut dia, ada tiga kampung di Sabelibi yaitu Kampung Ohina, Kampung Kinkini dan Kampung Mohimu. Berkat kerja sama kolektif selain program perkampung sudah bangun lapangan terbang hingga kini pemerintah sudah terverifikasi pesawat subsidi dan sedang dilayani.

“Ini kami sudah buka lapangan kerja. Untuk anak-anak ini yang akan bangun hari esok. Saya bantu banyak anak-anak sekolah dan Mahasiswa. Tapi saya tidak rugi yang penting mereka belajar baik kami siap bantu meskipun nilainya kurang dari kebutuhan mereka,” katanya.

Baca Juga:  Hindari Jatuhnya Korban, JDP Minta Jokowi Keluarkan Perpres Penyelesaian Konflik di Tanah Papua

Sementara itu, Peres Hubusa menyampaikan terima kasih semua pihak yang bantu dalam perjuangan pendidikan hingga kini gelar magister.

“Syukur bagi Tuhan Yesus, dan Terima kasih banyak kepada semua pihak bantu saya di sekolah, strata satu UNSRIT Tomohon hingga hari ini Strata dua di UNCEN,” ucapnya.

Pewarta: Atamus Kepno
Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaDiduga Oknum TNI Terlibat Penyelundupan Satwa Liar di Sorong, Pemda Diminta Pertegas
Artikel berikutnyaPedagang Pasar Modern Rufei Demo ke Pemkot Sorong, Ada Apa?