BeritaPesan Ketua Bawaslu Dogiyai Saat Lantik 30 Anggota Panwaslu Distrik

Pesan Ketua Bawaslu Dogiyai Saat Lantik 30 Anggota Panwaslu Distrik

PANIAI, SUARAPAPUA.com — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) kabupaten Dogiyai melantik 30 orang anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) distrik, Senin (30/10/2022) di aula Gereja Kingmi Digikotu, Mowanemani, kabupaten Dogiyai, Papua.

Anggota Panwaslu tersebut dilantik setelah terpilih melewati proses seleksi perekrutan, yakni tes tertulis dan tes wawancara yang diadakan sebelumnya.

Mereka yang beranggotakan per distrik tiga orang ini usai dilantik akan disebar ke 10 distrik untuk menjalankan tugasnya mengawal dan mengawasi seluruh tahapan pelaksanaan pesta demokrasi serentak 2024 mendatang.

Di hadapan Kapolres Dogiyai, Koramil Kamuu, ketua KPUD Dogiyai, anggota dan staf Bawaslu beserta tamu undangan lain yang hadir, ketua Bawaslu kabupaten Dogiyai, Mecky Tebai menjelaskan, acara pelantikan dilaksanakan berdasarkan surat keputusan (SK) ketua Bawaslu kabupaten Dogiyai nomor 13/BWSL.DGY/204.00/X/2022 tanggal 31 Oktober 2022 tentang penetapan panitia pengawas Pemilu distrik se-kabupaten Dogiyai provinsi Papua dalam pemilihan umum serentak tahun 2024.

Baca Juga:  Empat Jurnalis di Nabire Dihadang Hingga Dikeroyok Polisi Saat Liput Aksi Demo

“Sebanyak 30 orang yang telah dilantik ini orang-orang terpilih dari yang terbaik. Saya percaya saudara-saudari dapat menjalankan amanah besar ini dengan baik,” ucapnya beri semangat dalam sambutannya, usai melantik 30 anggota Panwaslu tersebut, dan melalui berbagai rangkaian acara pelantikan seperti membacakan petikan SK, penandatanganan secara simbolis ikrar dan pakta integritas dan lainnya.

Mengingat Panwaslu memiliki tugas berat yang harus dikerjakan di tingkat distrik sama seperti juga pihaknya di tingkat kabupaten dalam mengawal setiap tahapan Pemilu dari persiapan hingga hari pelaksanaan nanti, Mecky meminta dalam tugas tidak kenal istilah santai.

“Sekarang sudah masuk tahapan Pemilu, sedang berlangsung masa pendaftaran partai politik dan verifikasi faktual anggota partai. Kerjanya sampai tanggal 13 Desember karena penetapannya nanti 14 Desember 2022. Artinya, mulai dari hari ini dilantik, kalian langsung bertugas di distrik masing-masing. Saya tegaskan, tidak boleh santai apalagi malas-malas, pasti ada resikonya,” ujar Tebai

Baca Juga:  Peringatan IWD Menjadi Alarm Pergerakan Perempuan Kawal Segala Bentuk Diskriminasi Gender

Karena juga tahapan Pemilu masih panjang dan akan menguras pikiran, tenaga dan waktu, anggota Panwaslu yang belum atau kurang mengerti dengan tugasnya, diharapkan agar harus selalu berkoordinasi dengan Bawaslu untuk dijelaskan.

“Saya tahu kalian semua paham dengan tugas kalian. Tetapi kalau misalnya ada hal-hal kecil yang kalian tidak paham, harus cepat koordinasi dengan kami. Tidak boleh lupa atau biarkan karena nanti bisa berpengaruh dalam kerja-kerja kalian,” kata Mecky.

Olla Yobee, Panwaslu distrik Dogiyai, bertekad bersama dua rekannya akan melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggungjawab.

“Semua arahan dari ketua Bawaslu sudah kami semua anggota Panwaslu yang dilantik dengar baik. Untuk saya bersama dua rekan saya pasti siap laksanakan tugas kami dengan penuh rasa tanggung jawab di wilayah kerja kami di distrik Dogiyai,” kata Olla.

Baca Juga:  Vince Tebay, Perempuan Mee Pertama Raih Gelar Profesor

Berikut nama anggota Panwaslu di 10 distrik yang dilantik Bawaslu kabupaten Dogiyai:

  1. Distrik Kamuu:
    Andreas Dogomo
    Yosias Iyai
    Merlince N. Tebai
  2. Distrik Dogiyai
    Gerson Pekei
    Olla Yobee
    Fransiska Iyai
  3. Distrik Kamuu Selatan
    Oktovianus Goo
    Martinus Adii
    Sipora Auwe
  4. Distrik Kamuu Timur
    Metes Agapa
    Daud Pigai
    Selpina Tagi
  5. Distrik Kamuu Utara
    Fransiska Goo
    Salmon Keiya
    Pinsen Tebai
  6. Distrik Mapia
    Yermias Tigi
    Martinus D. Tagi
    Mesak Iyai
  7. Distrik Mapia Tengah
    Ferdinand Petege
    Damiana Kuayo
    Esau Magai
  8. Distrik Mapia Barat
    Manfred Tebay
    Alpius Mote
    Petrus Tebai
  9. Distrik Piyaiye
    Agus Mote
    Yoseph Magai
    Martinus Kotouki
  10. Distrik Sukikai Selatan
    Felexs Pokuai
    Rosa Butu
    Samuel Kayame

Pewarta: Stevanus Yogi

Terkini

Populer Minggu Ini:

HRM Melaporkan Terjadi Pengungsian Internal di Paniai

0
Pengungsian internal baru-baru ini dilaporkan dari desa Komopai, Iyobada, Tegougi, Pasir Putih, Keneugi, dan Iteuwo. Para pengungsi mencari perlindungan di kota Madi dan Enarotali. Beberapa pengungsi dilaporkan pergi ke kabupaten tetangga yakni, Dogiyai, Deiyai, dan Nabire.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.