BeritaBintang Kejora dan Yel-yel Iringi Jenazah AM ke TPU Kota Sorong

Bintang Kejora dan Yel-yel Iringi Jenazah AM ke TPU Kota Sorong

SORONG, SUARAPAPUA.com —- Yel-yel “Papua Merdeka” disertai pembentangan bendera Bintang Kejora mengiringi prosesi pemakaman jenazah Abraham Mate (AM) di tempat pemakaman umum (TPU) Kilometer 10, kota Sorong, Papua Barat, Selasa (08/11/2022) siang.

Situasi itu terlihat tepat Pukul 11.00 WIT begitu jenazah AM dibawa keluar dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sele Be Solu menuju TPU Kilometer 10.

Bendera Bintang Kejora dan bendera KNPB dibentangkan saat mengantar jenazah Abraham Mate (AM) ke tempat pemakaman umum (TPU) Kilometer 10, kota Sorong, Papua Barat, Selasa (08/11/2022) siang. (Maria Baru – SP)

Meninggalnya AM pada 2 November 2022 malam di Lapas Sorong masih misterius bagi keluarga dan kuasa hukumnya. Sebab, kematiannya secara tiba-tiba beberapa jam sepulang mengikuti sidang di PN Sorong.

Baca Juga:  Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku Lakukan Sidak ke Sejumlah SPBU Sorong

Karena itu, keluarga dan kuasa hukum membuat laporan polisi (LP) di Polres Sorong Kota untuk kebutuhan otopsi jenazah AM.

Setelah lalui beberapa proses, tiga hari kemudian (5/11/2022) dokter forensik didatangkan dari Makassar.

Tiba di Sorong, tim forensik bertemu dengan kuasa hukum dan keluarga AM.

Sebelum diotopsi terhadap tubuh AM, didahului dengan ibadah singkat pada Pukul 22.00 WIT.

Baca Juga:  Penolakan Memori Banding, Gobay: Majelis Hakim PTTUN Manado Tidak Mengerti Konteks Papua

Seluruh proses otopsi sudah dilakukan. Hari ini, jenazah AM diantar ke tempat peristirahatan terakhir untuk selamanya.

Sebelum mengantar jenazah AM ke TPU Kilometer 10, keluarga bersama kuasa hukum dan aktivis Komite Nasional Papua Barat (KNPB) wilayah Sorong melakukan ibadah perkabungan.

Bendera Bintang Kejora dan bendera KNPB dibentangkan saat mengantar jenazah Abraham Mate (AM) ke tempat pemakaman umum (TPU) Kilometer 10, kota Sorong, Papua Barat, Selasa (08/11/2022) siang. (Maria Baru – SP)

Abraham Mate, salah satu dari dua korban salah tangkap dalam kasus Kisor, kabupaten Maybrat, 21 September 2021 lalu. Penangkapan dilakukan aparat keamanan karena dituduh terlihat dalam kasus penyerangan pos Koramil Kisor.

Baca Juga:  57 Tahun Freeport Indonesia Berkarya

Mendekam di Lapas Sorong dan sempat menjalani persidangan, AM dilaporkan meninggal dunia pada 2 November 2022 malam.

Pewarta: Maria Baru
Editor: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

Literasi di Papua Sangat Rendah, 30 Persen Anak Belum Bisa...

0
"Pemahaman literasi yang baik adalah fondasi penting dalam pendidikan. Pendidikan yang baik dan layak adalah kunci untuk masa depan yang lebih berkualitas bagi anak-anak dan masyarakat Papua," ujar Marthen S Sambo.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.