BeritaKomitmen KNPB Sektor Sekomo Saat Rayakan HUT ke-12

Komitmen KNPB Sektor Sekomo Saat Rayakan HUT ke-12

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Rayakan ulang tahun ke-12, Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Teluk Cenderawasih Sektor Koteka Moge (Sekomo) mempertegas komitmennya sebagai media rakyat Papua menyuarakan misi perjuangan kemerdekaan West Papua.

Komisariat Militan KNPB Teluk Cenderawasih, Yabe Anou, usai ibadah perayaan HUT ke-12 KNPB Sektor Sekomo, mengingatkan kepada seluruh anggotanya wajib pegang komitmen perjuangan sesuai panggilan hati demi Tanah Papua.

“Pada perayaan hari ulang tahun yang ke-12 kemarin saya tegaskan bahwa komitmen untuk perjuangan harus dipegang kuat. Siapa lagi kalau bukan kita? KNPB ada untuk rakyat Papua. Jadilah media rakyat demi mewujudkan cita-cita pembebasan bangsa Papua,” ujar Yabe Anou, dikutip dari keterangan tertulisnya yang dikirim ke media ini, Selasa (8/11/2022).

Baca Juga:  KPU Papua Terpaksa Ambil Alih Pleno Tingkat Kota Jayapura

Senada, Son Adii, ketua KNPB Sektor Sekomo mengajak anggotanya tetap ada dalam garis komando hingga tujuan perjuangan tercapai.

“Sektor Sekomo sudah genap 12 tahun sejak dibentuk pertama kali di sini pada tahun 2010. Kita tetap lanjutkan. Saya ajak semua pejuang selalu ada dalam satu gerakan ini sampai merdeka kita rebut,” ujarnya.

Sedikit mengenai sejarah berdirinya KNPB dijelaskan mantan ketua KNPB Sektor Sekomo, Noak Tebai.

“KNPB hadir karena melihat berbagai hal tidak benar, ketidakadilan dan segala bentuk penjajahan, pembunuhan, pemusnahan bangsa ini,” kata Noak.

Keterpanggilan anak muda Papua bergabung dengan KNPB sejak awal hingga hari ini diharapkan terus berlanjut karena sejarah kelam bangsa Papua masih diterapkan Indonesia di atas tanah air West Papua. Noak tegaskan, sikap juang KNPB tidak akan sedikitpun mundur dari misi perjuangan pembebasan yang sejak awal telah diletakan oleh para pendahulu.

Baca Juga:  AJI, PWI, AWP dan Advokat Kecam Tindakan Polisi Terhadap Empat Jurnalis di Nabire

“Apapun tantangannya KNPB tetap lanjutkan sampai cita-cita Papua Merdeka berhasil bebas dari penjajah negara kolonial,” tegasnya.

Noak juga ingatkan panggilan hati dengan sikap mulia demi kemerdekaan bangsa Papua tidak luntur hingga misi perjuangan berhasil digapai pada saatnya.

“Perjuangan Papua merdeka merupakan panggilan mulia yang harus kita pertaruhkan nyawa sekalipun demi keselamatan generasi dan seluruh kekayaan yang ada di Tanah Papua. Selangkahpun jangan mundur. Maju, maju. Lawan, lawan,” pekik Noak.

Baca Juga:  Hilangnya Keadilan di PTTUN, Suku Awyu Kasasi ke MA

Puncak perayaan HUT ke-12 dilakukan dalam ibadah dengan tema “Kita dipilih Allah untuk melawan segala bentuk ketidakadilan di tanah air West Papua” dan sub tema “Melalui HUT ini kita belajar untuk setia pada panggilan hati”.

Perayaan ibadah dihadiri puluhan anggota KNPB, masyarakat dan simpatisan lainnya.

KNPB Sektor Sekomo merupakan satu dari beberapa sektor yang ada di wilayah Teluk Cenderawasih. Antara lain, sektor Yamewa, sektor Ubaubaugi, sektor Sihupa, sektor Rahupa, sektor Vanuatu, dan sektor Kali Merah.

REDAKSI

Terkini

Populer Minggu Ini:

ULMWP Himbau Rakyat Papua Peringati 1 Mei Dengan Aksi Serentak

0
“ULMWP sebagai wadah koordinatif gerakan rakyat, siap bertanggung jawab penuh atas semua rangkaian aksi yang dilakukan dalam bentuk apa pun di hadapkan kolonialisme Indonesia dan dunia Internasional.”

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.