BeritaDua Unit Bus Eks PON XX Siap Layani Nabire-Paniai

Dua Unit Bus Eks PON XX Siap Layani Nabire-Paniai

NABIRE, SUARAPAPUA.com — Dua unit bus eks PON XX Papua yang telah tiba di Nabire sejak Sabtu (17/12/2022) siap beroperasi. Dua mini bus berwarna kuning itu dipastikan segera melayani masyarakat dengan trayek Nabire-Paniai.

Siap beroperasinya dua unit mini bus ditandai dengan seremoni penyerahan dan peresmian operasional ke Perum Damri cabang Nabire, Selasa (20/12/2022).

John NR Gobai, anggota DPR Papua, yang memperjuangkan dua bus eks PON XX itu meresmikan langsung dengan menggunting pita. Peresmian disaksikan pemerintah daerah dan berbagai pihak.

Dua mini bus tersebut, kata John, bisa diberikan pemerintah agar digunakan di sini melalui perjuangan panjang. Perum Damri Nabire diberi kewenangan mengelola dua bus untuk melayani masyarakat di wilayah Meepago.

“Sesuai trayek yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan dalam hal Dirjen Perhubungan Darat, kami berharap supaya dua unit bus ini dapat digunakan semaksimal mungkin untuk melayani masyarakat kita,” kata John.

Baca Juga:  Masyarakat Tolak Pj Bupati Tambrauw Maju Dalam Pilkada 2024

Wakil bupati Nabire Ismail Djamaluddin mengucapkan terima kasih sama John NR Gobai yang cukup lama memperjuangkan hadirnya dua unit bus itu.

“Saya atas nama pemerintah daerah kabupaten Nabire menyampaikan terima kasih banyak kepada saudara kami, saudara John NR Gobai. Kami sangat apresiasi perjuangan beliau selaku wakil rakyat di DPR Papua. Hasil perjuangannya sudah ada dua bus ini yang nantinya bisa dinikmati oleh masyarakat Nabire dan kabupaten lain di wilayah Meepago,” kata Ismail.

Ucapan sama disampaikan Kapolres Nabire AKBP I Ketut Suarnaya.

Kapolres Nabire berharap, kedua sarana transportasi darat itu agar dijaga baik karena akan turut membantu setiap orang dalam berpergian melalui jalan darat.

Baca Juga:  PTFI Bina Pengusaha Muda Papua Melalui Papuan Bridge Program

“Luar biasa dengan hadirnya dua mini bus ini. Dari bentuknya kita pastikan ini sangat layak. Harapan kami, sarana transportasi ini wajib dijaga. Tidak ada tindakan tertentu, apalagi palang, bikin rusak, dan lain-lain. Kalau itu terjadi, kan yang ruginya kita semua,” ujar Suarnaya.

Setelah bus beroperasi, Kapolres juga minta tetap waspada dengan berbagai kemungkinan dalam perjalanan. Hindari kecelakaan, bawa mobil dalam kondisi normal, setiap pengguna harus bersikap sopan, dan semua berkewajiban merawat bus dengan baik agar bisa bertahan lama.

Sementara itu, Marthen Tandi mewakili kepala Perum Damri cabang Nabire menyampaikan terima kasih atas perjuangan John NR Gobai sudah datangkan dua bus eks PON XX.

Baca Juga:  Panglima TNI dan Negara Diminta Bertanggung Jawab Atas Penembakan Dua Anak di Intan Jaya

Kata Marthen, dua unit mini bus ini segera dioperasikan untuk melayani trayek Nabire-Paniai sepanjang 268 Km.

Apalagi Wabup Nabire telah menyerahkan surat keterangan izin trayek untuk dua bus itu.

Acara penyerahan dan peresmian operasional dua unit bus eks PON XX dihadiri perwakilan Dandim 1705 Nabire, kepala dinas Perhubungan kabupaten Nabire, pimpinan dan staf Perum Damri cabang Nabire, tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

Usai prosesi peresmian yang berlangsung di kantor Perum Damri cabang Nabire di bilangan Kota Lama, sejumlah wartawan dari beberapa media, kepala suku, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, diajak menumpang dua unit mini bus itu berkeliling kota Nabire.

Pewarta: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

ULMWP Himbau Rakyat Papua Peringati 1 Mei Dengan Aksi Serentak

0
“ULMWP sebagai wadah koordinatif gerakan rakyat, siap bertanggung jawab penuh atas semua rangkaian aksi yang dilakukan dalam bentuk apa pun di hadapkan kolonialisme Indonesia dan dunia Internasional.”

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.