PasifikPM Australia Akan Kunjungi PNG Minggu Depan

PM Australia Akan Kunjungi PNG Minggu Depan

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese akan melakukan perjalanan ke Papua Nugini (PNG) dari tanggal 12 hingga 13 Januari 2023 untuk menghadiri Dialog Pemimpin Tahunan bersama mitranya yaitu Perdana Menteri PNG, James Marape di ibu kota PNG di Port Moresby.

Post Courier melaporkan bahwa setelah dialog tersebut, kedua perdana menteri akan melakukan perjalanan bersama ke Wewak di pantai utara PNG, untuk mengunjungi tempat peristirahatan mantan perdana menteri PNG Sir Michael Somare.

Baca Juga:  Pasukan Keamanan Prancis di Nouméa Menjelang Dua Aksi yang Berlawanan

Kunjungan itu direncanakan dilakukan sebelum Natal pada Desember 2022, namun dibatalkan ketika Albanese diketahui terkena Covid-19.

“Saya telah menghabiskan waktu dengan teman baik saya, yaitu PM Marape pada beberapa kesempatan tahun ini, termasuk di Australia pada pertandingan Liga Rugby XIII.”

“Saya memang menantikan untuk memulai kunjungan saya pada tahun baru dengan mengunjungi Papua Nugini untuk memperkuat ikatan yang kuat antara kedua negara kita. Australia dan Papua Nugini dekat bukan hanya secara geografis, tetapi juga karena sejarah panjang dan visi bersama kami untuk masa depan.”

Baca Juga:  Manasseh Sogavare Mengundurkan Diri Dari Pencalonan Perdana Menteri

“Saya berterima kasih kepada Perdana Menteri Marape atas undangannya, dan berharap untuk melanjutkan diskusi kami di Port Moresby dan Wewak,” tukas PM Albanese.

Para Pemimpin Bisnis Asia-Pasifik Akan Bertemu di Auckland Bulan Depan
Pertemuan itu dilakukan guna keberlanjutan, digitalisasi, dan perdagangan inklusif yang tangguh akan menjadi tema utama dari pertemuan besar para pemimpin bisnis senior Asia-Pasifik yang akan diadakan di Auckland, New Zealand pada bulan depan [Februari 2023].

Baca Juga:  Pacific Network on Globalisation Desak Indonesia Izinkan Misi HAM PBB ke West Papua

Pertemuan yang akan dihadiri Dewan Penasihat Bisnis APEC itu akan dilangsungkan di Auckland mulai dari tanggal 12 hingga 14 Februari 2023.

 

 

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Ini Keputusan Berbagai Pihak Mengatasi Pertikaian Dua Kelompok Massa di Nabire

0
Pemerintah daerah sigap merespons kasus pertikaian dua kelompok massa di Wadio kampung Gerbang Sadu, distrik Nabire, Papua Tengah, yang terjadi akhir pekan lalu, dengan menggelar pertemuan dihadiri berbagai pihak terkait di aula Wicaksana Laghawa Mapolres Nabire, Senin (29/4/2024) sore.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.