PasifikPM Australia Akan Kunjungi PNG Minggu Depan

PM Australia Akan Kunjungi PNG Minggu Depan

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese akan melakukan perjalanan ke Papua Nugini (PNG) dari tanggal 12 hingga 13 Januari 2023 untuk menghadiri Dialog Pemimpin Tahunan bersama mitranya yaitu Perdana Menteri PNG, James Marape di ibu kota PNG di Port Moresby.

Post Courier melaporkan bahwa setelah dialog tersebut, kedua perdana menteri akan melakukan perjalanan bersama ke Wewak di pantai utara PNG, untuk mengunjungi tempat peristirahatan mantan perdana menteri PNG Sir Michael Somare.

Baca Juga:  Masyarakat Sipil dan Gereja di Pasifik Akan Gelar Aksi Solidaritas untuk West Papua - Kanak

Kunjungan itu direncanakan dilakukan sebelum Natal pada Desember 2022, namun dibatalkan ketika Albanese diketahui terkena Covid-19.

“Saya telah menghabiskan waktu dengan teman baik saya, yaitu PM Marape pada beberapa kesempatan tahun ini, termasuk di Australia pada pertandingan Liga Rugby XIII.”

“Saya memang menantikan untuk memulai kunjungan saya pada tahun baru dengan mengunjungi Papua Nugini untuk memperkuat ikatan yang kuat antara kedua negara kita. Australia dan Papua Nugini dekat bukan hanya secara geografis, tetapi juga karena sejarah panjang dan visi bersama kami untuk masa depan.”

Baca Juga:  Pengacara Kanak Ingatkan Bahwa 'Ideologi Separatis' Akan Berlanjut Menciptakan Ketidaksetaraan di Kaledonia Baru

“Saya berterima kasih kepada Perdana Menteri Marape atas undangannya, dan berharap untuk melanjutkan diskusi kami di Port Moresby dan Wewak,” tukas PM Albanese.

Para Pemimpin Bisnis Asia-Pasifik Akan Bertemu di Auckland Bulan Depan
Pertemuan itu dilakukan guna keberlanjutan, digitalisasi, dan perdagangan inklusif yang tangguh akan menjadi tema utama dari pertemuan besar para pemimpin bisnis senior Asia-Pasifik yang akan diadakan di Auckland, New Zealand pada bulan depan [Februari 2023].

Baca Juga:  Koalisi LSM dan Masyarakat Sipil di Fiji Gelar Aksi untuk Pembebasan West Papua dan Kanaky

Pertemuan yang akan dihadiri Dewan Penasihat Bisnis APEC itu akan dilangsungkan di Auckland mulai dari tanggal 12 hingga 14 Februari 2023.

 

 

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Indonesia dan AS Teken Pengalihan Utang untuk Lindungi Ekosistem Terumbu Karang

0
“Dengan menghapus utang dan mengalokasikan dananya kembali ke Indonesia, melalui program pengalihan utang untuk perlindungan alam. Kami melakukan langkah konkret untuk melindungi terumbu karang Indonesia yang sangat berharga dan mendukung pembangunan yang berkelanjutan,” kata Michael Kleine.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.