Penjabat Bupati Lanny Jaya Pastikan Program MCS Tetap Difokuskan

0
632

WAMENA, SUARAPAPUA.com — Program Lanny Jaya Mandiri, Cerdas, dan Sehat (MCS) tetap menjadi fokus pemerintah kabupaten (Pemkab) Lanny Jaya pada tahun anggaran 2023.

Petrus Wakerkwa, penjabat bupati Lanny Jaya, mengungkapkan komitmennya itu dalam sidang pembahasan dan penetapan rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kabupaten Lany Jaya tahun anggaran 2023, Kamis (19/1/2023) di Hotel Grand Sartika, Wamena, kabupaten Jayawijaya.

Dengan APBD sebesar Rp1,6 Triliun, Wakerkwa menyatakan memiliki kewenangan untuk mengawal semua program kerja yang sedang dijalankan di kabupaten Lanny Jaya. Salah satu program yang masih menjadi fokus perhatian Pemkab Lanny Jaya adalah program MCS.

Baca Juga:  Pemkab Yahukimo Belum Seriusi Kebutuhan Penerangan di Kota Dekai

“Program MCS sangat penting dan bermanfaat bagi masyarakat Lanny Jaya. Oleh karena itu, MSC masih kita lanjutkan lagi di tahun ini,” ujarnya kepada wartawan usai rapat paripurna DPRD Lanny Jaya dalam rangka penetapan APBD tahun anggaran 2023.

Khusus pekerjaan fisik di wilayah kabupaten Lanny Jaya, kata Wakerkwa, akan disesuaikan dengan rancangan program dari dinas teknis. Tentunya dengan melihat skala prioritas.

ads
Baca Juga:  Masyarakat Tolak Pj Bupati Tambrauw Maju Dalam Pilkada 2024

Kebijakan yang diambil dalam rangka mewujudkan agenda prioritas tahun ini termasuk juga program MCS, Pemkab Lanny Jaya menurutnya akan mengirim sembilan orang untuk melanjutkan pendidikan dokter spesialis.

“Tahun ini kita siap kirim sembilan orang untuk lanjutkan pendidikan dokter spesialis. Itu untuk mendukung terwujudnya program MCS.”

Tak hanya itu, perbaikan pusat layanan kesehatan seperti Pustu dan Puskesmas di beberapa wilayah juga bakal dikerjakan dalam tahun ini. Kata Petrus, itu tetap akan  diperhatikan meski tak semua bakal diselesaikan mengingat keterbatasan anggaran daerah.

Baca Juga:  Jelang Idul Fitri, Pertamina Monitor Kesiapan Layanan Avtur di Terminal Sentani

“Kami terus mendorong peningkatan pelayanan kesehatan melalui penambahan tenaga medis dan juga peralatan pendukung pelayanan kesehatan di 39 distrik yang ada di kabupaten Lanny Jaya,” jelas Wakerkwa.

Di bidang pendidikan, tahun ini Pemkab Lanny Jaya menambah enam titik sasaran sekolah yang akan dijadikan sekolah berpola asrama.

“Program sekolah berpola asrama akan kita andalkan dana Otsus,” imbuhnya.

Pewarta: Onoy Lokobal
Editor: Markus You

Artikel sebelumnyaGairahkan Kembali Roda Perekonomian Perlu Dukungan Stakeholder
Artikel berikutnyaTriwarno Purnomo Hadiri Rakornas Dukung Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi