Tanah PapuaMamtaSemua Kepala Distrik Dikumpulkan, Triwarno Sampaikan Hal Ini

Semua Kepala Distrik Dikumpulkan, Triwarno Sampaikan Hal Ini

SENTANI, SUARAPAPUA.com — Seluruh kepala distrik di kabupaten Jayapura, Papua, hadiri rapat koordinasi (Rakor) dengan Triwarno Purnomo, penjabat bupati Jayapura, membahas sejumlah hal urgen dalam rangka menyikapi situasi dan kondisi serta memaksimalkan pelayanan publik.

Selain menyikapi situasi keamanan dan ketertiban terkini di wilayah kabupaten Jayapura, termasuk persiapan jelang pelaksanaan Pemilu 2024, Rakor juga dijadikan sarana melihat kinerja masing-masing kepala distrik.

Triwarno minta para kepala distrik harus makin sigap dalam seluruh pelayanannya. Diharapkan pelayanan lebih maksimal, tentunya dengan mendasari aturan yang berlaku.

Baca Juga:  Jawaban Anggota DPRP Saat Terima Aspirasi FMRPAM di Gapura Uncen

“Banyak hal yang perlu dibenahi. Semua kepala distrik harus mengutamakan penampilan, wajib menjaga kebersihan dan ketertiban kantor distrik,” pesannya, Kamis (19/1/2023).

Para kepala distrik juga diminta tegakan peraturan daerah (Perda). Selain itu, harus bekerja mengikuti perkembangan teknologi, dan tidak lupa untuk menjaga koordinasi kerja serta mengawasi seluruh kampung.

“Dari sekian banyak perintah ini akan dilakukan penilaian,” kata Triwarno.

Penjabat bupati Jayapura akui sejauh ini situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah kabupaten Jayapura secara umum kondusif. Tetapi masih ada persoalan hak ulayat tanah dan juga maraknya peredaran minuman keras (Miras) di tengah masyarakat kabupaten Jayapura.

Baca Juga:  Freeport Indonesia Dukung Asosiasi Wartawan Papua Gelar Pelatihan Pengelolaan Media

“Situasi keamanan dan ketertiban umum di wilayah kabupaten ini masih kondusif, tetapi kita masih jumpai masalah hak ulayat tanah dan miras,” akunya.

Dalam mendukung pelayanan pemerintah, dalam hal ini di tingkat distrik tentu saja dibutuhkan karena pemerintah distrik merupakan mata dan telinga pemerintah daerah yang dapat melihat dan mendengar secara langsung seluruh persoalan yang ada di tengah masyarakat.

“Ketika setiap tupoksi distrik dapat terlaksana dengan baik, jelas dapat memudahkan pemerintah daerah dalam melaksanakan pelayanan dan pelayanan yang diberikan pun tepat sasaran,” ujar Purnomo.

Baca Juga:  Festival Angkat Sampah di Lembah Emereuw, Bentuk Kritik Terhadap Pemerintah

Khusus masih maraknya peredaran Miras di daerah ini, diingatkan agar ada upaya pengendalian. Kata Triwarno, perlu terus menerus dilakukan edukasi agar bisa hindari. Kemudian, mencarikan bentuk-bentuk kegiatan kreativitas kepada para pemuda agar makin menjauhi Miras dan penyalahgunaan Narkoba.

“Selain itu, surat edaran berupa imbauan Kamtibmas yang dikeluarkan oleh pemerintah wajib sampai ke masyarakat.”

Pewarta: Yance Wenda
Editor: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

61 Tahun Aneksasi Bangsa Papua Telah Melahirkan Penindasan Secara Sistematis

0
“Kami mendesak tarik militer organik dan non organik dari tanah Papua dan hentikan operasi militer di atas tanah Papua. Cabut undang-undang Omnibus law, buka akses jurnalis asing dan nasional seluas-luasnya ke tanah Papua,” pungkasnya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.