Tanah PapuaLa PagoTerhenti Empat Pekan, Trigana Air Kembali Lanjutkan Penerbangan ke Dekai

Terhenti Empat Pekan, Trigana Air Kembali Lanjutkan Penerbangan ke Dekai

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Setelah pelayanan penerbangan terhenti selama kurang lebih empat minggu akibat insiden penembakan terhadap pesawat udara Trigana Air PK-YSC jenis Boeing IL 222 seri 300, akhirnya hari ini, Rabu (5/4/2023), kembali dibuka rute dan pesawat mendarat di bandar udara Nop Goliat, Dekai, kabupaten Yahukimo.

Pesawat ATR 72 seri 500 sebelumnya menunda penerbangan karena adanya gangguan keamanan dari kelompok Tentara Nasional Papua Barat (TPNPB) Kodap VI Yahukimo, Sabtu (11/3/2023).

Pemerintah kabupaten Yahukimo melalui surat resmi nomor 553/286/BUP-YHK/2023 menyampaikan usulan permohonan penerbangan rute Jayapura-Dekai-Jayapura untuk diaktifkan kembali, sebagaimana pesawat Trigana Air dan Wings Air telah beroperasi.

Baca Juga:  Wapres RI dan Enam Pj Gubernur Tanah Papua Dikabarkan Hadiri Hut PI Lembah Balim

“Sebagai akibat dari kebijakan penghentian pelayanan penerbangan oleh pihak operator berdampak pada terhentinya mobilisasi penumpang maupun barang dari dan ke kabupaten Yahukimo melalui akses transportasi udara,” tulis dalam surat usulan penerbangan, yang ditandatangani Didimus Yahuli, bupati kabupaten Yahukimo.

Hal itu secara tidak langsung mempengaruhi penyelenggaraan pemerintahan terutama terhadap pertumbuhan perekonomian dan pelayanan umum lainnya.

“Menyikapi hal tersebut pemerintah kabupaten Yahukimo telah menjalin komunikasi dan koordinasi dengan semua elemen masyarakat melalui pertemuan Forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh agama, sebagai bentuk upaya pemulihan di kabupaten Yahukimo,” tulisnya.

Baca Juga:  KPU Lanny Jaya Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perolehan Suara

Lanjut ditulisnya, untuk menjawab tingginya kebutuhan masyarakat terhadap akses transportasi udara dalam rangka urusan dinas maupun kebutuhan pribadi, maka bersama ini kami mengharapkan kepada operator penerbangan untuk membuka kembali penerbangan.

Menanggapi surat tersebut pihak Trigana Air, mengabulkan permohonan pemerintah, bahwa, penerbangan udara DJJ-DEX-DJJ dibuka kembali 5 April 2023 dengan mempertimbangkan situasi keamanan, sehingga untuk sementara menggunakan pesawat ATR penumpang atau cargo.

Manajemen Trigana Air juga berharap agar crew pesawat yang bertugas mendapat briefing tentang keamanan di Dekai yang terkini melalui local operation control, dan menyiapkan radio VHF air to ground di station Dekai.

Baca Juga:  Panglima TNI Bentuk Koops Habema Tangani Papua

Terlepas dari upaya pemerintah dan respons pihak maskapai penerbangan, Usman Kabak, intelektual muda di kabupaten Yahukimo mengaku, pesawat ATR telah mendarat di Dekai hari ini.

“Tadi saya dengar bunyi pesawat mendarat, ada pagi dan siang. Pesawat masuk dua kali. Pesawat ATR,” katanya.

Menurut Usman, situasi di Dekai, ibu kota kabupaten Yahukimo, sudah kondusif. Berbagai aktivitas kembali berjalan biasa.

“Sementara ini situasi aman. Kita mau agar semua pihak wajib menjaga situasi tetap aman,” pintanya.

Pewarta: Ardi Bayage
Editor: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

KPK Menang Kasasi MA, Bupati Mimika Divonis 2 Tahun Penjara

0
“Amar Putusan: Kabul. Terbukti Pasal 3 jo Pasal 18 UU PTPK jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP Jo Pasal 64 ayat (1) ke-1 KUHP. Pidana penjara 2 tahun dan denda Rp200 juta subsidair 2 tahun kurungan,” begitu ditulis di laman resmi Mahkamah Agung.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.