PasifikPara Kepala Suku di Vanuatu Gelar Pertemuan Dorong ULMWP Menjadi Anggota MSG

Para Kepala Suku di Vanuatu Gelar Pertemuan Dorong ULMWP Menjadi Anggota MSG

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Para Ketua-Ketua Dewan Eksekutif kepala suku di Efate dan pulau-pulau lepas pantai Vanuatu gelar pertemuan di Owen Hall belum lama ini. Dalam pertemuan itu dihadiri pula perwakilan orang asli Papua yaitu Freddy Waromi.

Dalam pertemuan itu, Ketua Dewan Kepala Suku Vaturisu, Kepala Suku Simeon Poilapa dari Kampung Mele memberi perhatian kepada Freddy Waromi yang merupakan dari Papua Barat dan mengatakan “kami akan ke dia.”

Ketua Vaturisu berbicara sesuai dengan tujuan pertemuan yang merupakan pertemuan mendesak oleh para kepala suku untuk mengatur upacara adat yang mendesak dengan Perdana Menteri (PM) Ismail Kalsakau sesegera mungkin.

Baca Juga:  Wawancara Eksklusif Daily Post: Indonesia Tidak Pernah Menjajah Papua Barat!

Tujuannya yang mendesak yang mana melalui surat dan atau petisi sehubungan dengan statusnya sebagai kepala suku di Pulau Ifira, untuk menyetujui permohonan United Liberation Movement of West Papua (ULMWP) untuk menjadi anggota penuh di Melanesia Spearhead Group (MSG) pada KTT yang akan dilakukan dalam waktu datang.

Para pemimpin itu mengetahui bahwa sejumlah pesawat kargo Indonesia mengangkut bantuan kemanusiaan bagi korban Topan Judy dan Kevin di Vanuatu belum lama ini.

Baca Juga:  Ancaman Bougainville Untuk Melewati Parlemen PNG Dalam Kebuntuan Kemerdekaan

Dalam pertemuan tersebut terungkap bahwa selain bantuan barang, diduga termasuk uang tunia yang di bawa ke Vanuatu.

Dugaan tersebut mendorong para pemimpin untuk menugaskan Kepala Joseph Tinabua untuk mengkomunikasikan dengan Kantor Perdana Menteri untuk mencari tahu kapan tepatnya PM yang saat ini berada di luar negeri kembali ke Port Vila.

“Meskipun para pemimpin menghormati perjalanan panjang dan melelahkan Perdana Menteri, mereka menekankan bahwa penting bagi mereka untuk bertemu dengannya sebelum pemimpin KTT MSG untuk menyerahkan beban mereka di tangan mereka yang paling mampu,” kata sebuah sumber terpercaya.

Baca Juga:  Pasukan Keamanan Prancis di Nouméa Menjelang Dua Aksi yang Berlawanan

“Para pemimpin telah mengatur sebuah upacara khusus untuk mengundang Perdana Menteri untuk menerima permintaan mereka”.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Ketua Marikivanua Ariki, perwakilan dari Tongoa/Gembala, perwakilan dari Dewan Kepala Suku Port Vila, Ketua Komite Papua Barat Merdeka Vanuatu, mitra dan perwakilan ULMWP.

Terkini

Populer Minggu Ini:

Jurnalis Senior Ini Resmi Menjabat Komisaris PT KBI

0
Kendati sibuk dengan jabatan komisaris BUMN, dunia jurnalistik dan teater tak pernah benar-benar ia tinggalkan. Hingga kini, ia tetap berkontribusi sebagai penulis buku dan penulis artikel di berbagai platform media online.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.