BeritaOlahragaPSSI Rilis Kesiapan Liga 2: Diawali Turnamen Pra-Musim Diikuti 28 Klub

PSSI Rilis Kesiapan Liga 2: Diawali Turnamen Pra-Musim Diikuti 28 Klub

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Kompetisi sepak bola nasional musim 2023/2024 dipastikan bakal segera digulirkan. Baik Liga 1, Liga 2 maupun Liga 3 akan diselenggarakan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) sebagai organisasi yang bertanggungjawab mengelola sepak bola di Indonesia.

Penyelenggaraannya dipercayakan kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi.

Itu hasil pertemuan PSSI bersama perwakilan 28 klub Liga 2 dan PT LIB, Selasa (27/6/2023) di Hotel Sultan, Jakarta.

Dijelaskan dalam siaran pers PSSI dan ligaindonesiabaru.com, dalam pertemuan bertajuk Club Owner’s Meeting tersebut membahas sejumlah persiapan kompetisi sepak bola Indonesia musim 2023/2024, antara lain menyangkut regulasi, format kompetisi, kalender kompetisi, penggunaan pemain asing, dan hal lainnya.

Prof. Zainudin Amali, wakil ketua umum PSSI yang juga komisaris utama PT LIB, menyebut pertemuan ini sangat penting sebagai bagian dari kebangkitan sepak bola nasional.

Karena itu, ucapan terima kasih disampaikan ke semua pemilik dan pengelola klub Lga 2 yang berkesempatan hadiri pertemuan.

“Salam hangat dari ketua umum PSSI Erick Thohir atas kehadiran bapak ibu pemilik klub Liga 2. Pada saat ini beliau tidak bisa hadir, karena sedang ada pertemuan dengan bapak presiden Joko Widodo.”

Baca Juga:  PSBS Biak Pecahkan Sejarah: Laju ke Final Liga 2 Sekaligus Promosi Liga 1

Lanjut Zainudin, “Saat ini PSSI sedang melakukan transformasi secara total, tata kelola, pengelolaan Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 serta transformasi dalam pengelolaan tim nasional.”

PSSI dan Liga Indonesia menurut Amali, sudah kembali mendapatkan kepercayaan publik. Karena itu, semua unsur terkait diminta untuk menjaga agar kepercayaan tersebut tidak ternodai lagi di kemudian hari.

“Ketua umum kita menginginkan liga kita punya nilai. Saya mohon dukungan dari bapak dan ibu di Liga 2, supaya nilainya naik. Jika begitu, tidak sulit bagi klub untuk mencari sponsor dan kepercayaan,” ujar Amali.

Diharapkan, ke depannya pemilik klub Liga 2 bisa bersama-sama bergandengan tangan untuk menaikkan value kompetisi.

“Kita bersyukur FIFA ada perhatian ke Indonesia. Bahkan ingin menjadikan episentrum sepakbola. Momentum ini sedang baik-baiknya. Kita harus bergandengan tangan untuk menghadapi masalah dan mencari jalan bersama-sama,” ujarnya.

Di kesempatan sama, Ferry Paulus, direktur utama PT LIB, menegaskan, PT LIB mau mengubah citra dan mengupayakan untuk mencarikan legalitasnya. Ini semoga menjadi kolaborasi untuk bisa meningkatkan nilai dari kompetisi Liga 2, sebagamana dikemukakan komisaris utama PT LIB sebelumnya.

Baca Juga:  Hajar Semen Padang 3-0, PSBS Biak Kunci Juara Liga 2

“Ketua umum memerintahkan PT LIB untuk menjadi operator Liga 2. Mudah-mudahan dengan ini ada pemikiran cerdas agar kita bisa naik kelas. Untuk itu, kita melakukan instropeksi diri,” ucap Ferry.

Salah satunya, kata Ferry Paulus, PT LIB sebagai korporasi baru saja merampungkan kaedah-kaedah korporasi.

“Kita punya visi. Kita sudah susun rencana-rencananya. Selama 20 tahun PT LIB berdiri, baru kali ini kita mendapatkan keuntungan sebesar Rp30 miliar lebih. Kita komitmen, tragedi Kanjuruhan menjadi pembelajaran, dan yang terakhir,” ujarnya.

Ferry juga menyatakan, “Kita optimistis, musim baru dengan bergandengan tangan supaya bisa menghasilkan kompetisi yang baik dan nantinya bisa menghasilkan bibit-bibit pemain bagi tim nasional Indonesia.”

Selain Zainudin Amali dan Ferry Paulus, dalam pertemuan jelang musim baru kompetisi Liga 2 yang juga dihadiri Yunus Nusi (Sekjen PSSI), Asep Saputra (Direktur Operasional PT LIB), dan Endri Erawan (Exco PSSI) itu diketahui kontestan Liga 2 musim 2023/2024 adalah 28 klub.

Berikut 28 klub kontestan Liga 2 musim 2023/2024:

  1. Persiraja Banda Aceh
  2. PSMS Medan
  3. Sada Sumut FC
  4. PSDS Deli Serdang
  5. Riau FC
  6. Semen Padang FC
  7. Sriwijaya FC
  8. Perserang Kabupaten Serang
  9. PSKC Cimahi
  10. FC Bekasi City
  11. Persikab Kabupaten Bandung
  12. Persekat Tegal
  13. PSCS Cilacap
  14. Nusantara FC
  15. Persijap Jepara
  16. Persipa Pati
  17. PSIM Yogyakarta
  18. Persela Lamongan
  19. Deltras FC Sidoarjo
  20. Gresik United FC
  21. Kalteng Putra FC
  22. Persiba Balikpapan
  23. Persipal Babel United
  24. Sulut United
  25. Malut United
  26. PSBS Biak
  27. Persipura Jayapura
  28. Persewar Waropen
Baca Juga:  PFA Cetak Sejarah Gemilang di Selangor Open Malaysia dan Piala Barati 2024

Sementara itu, kontestan Liga 1 adalah 18 klub: Persib Bandung, Persebaya Surabaya, PSM Makassar, Bali United FC, Arema FC, Persija Jakarta, Madura United FC, RANS Nusantara FC, Persis Solo, PSIS Semarang, Persita Tangerang, PSS Sleman, Persikabo Bogor, Borneo FC Samarinda, Persik Kediri, Dewa United FC, PS Barito Putera, dan Bhayangkara FC.

Kompetisi Liga 2 musim 2023/2024 rencananya akan digelar September mendatang. Sebelum kompetisi reguler digulirkan, PSSI akan adakan turnamen pra-musim.

Turnamen pra-musim akan diselenggarakan pada akhir Juli 2023. Turnamen mini sebelum kompetisi resmi itu ditargetkan sudah harus tuntas dalam sebulan atau Agustus mendatang.

Diketahui, kompetisi Liga 2 musim 2022/2023 harus dihentikan PSSI lantaran jeda kompetisi yang panjang menyusul Tragedi Kanjuruhan pada Oktober 2022. []

Terkini

Populer Minggu Ini:

HRM Melaporkan Terjadi Pengungsian Internal di Paniai

0
Pengungsian internal baru-baru ini dilaporkan dari desa Komopai, Iyobada, Tegougi, Pasir Putih, Keneugi, dan Iteuwo. Para pengungsi mencari perlindungan di kota Madi dan Enarotali. Beberapa pengungsi dilaporkan pergi ke kabupaten tetangga yakni, Dogiyai, Deiyai, dan Nabire.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.