PasifikJokowi Kunjungi PNG Gelar Kerjasama Pendidikan Tinggi dan Forum Bisnis

Jokowi Kunjungi PNG Gelar Kerjasama Pendidikan Tinggi dan Forum Bisnis

Editor :
Elisa Sekenyap

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Presiden Joko Widodo usai kunjungannya ke Australia, ia melanjutkan kunjungannya ke Papua Nugini. Presiden beserta rombongan tiba di Bandara International Jacksons, Port Moresby, Papua Nugini pada, Rabu (5/7/2023) sekitar pukul 11.00 waktu setempat dengan Pesawat Kepresidenan Indonesia.

Baca Juga:  Mantan PM Fiji Frank Bainimarama Dipenjara

Dalam kunjungannya itu, Presiden disambut Perdana Menteri (PM) Papua Nugini, James Marape.

Selain PM Marape tampak juga sejumlah menteri, yakni Menteri Acara Kenegaraan Justin Tkachenko, Gubernur Ibu Kota Negara Port Moresby, Powes Parkop, Kepala Sekretariat Departemen Pemerintahan Kantor PM dan NEC Ivan Pomaleu, Sekretaris Jenderal Departemen Luar Negeri Elias Wohengu, dan Panglima Angkatan Bersenjata Mayor Jenderal Mark Goina.

Dalam kunjungan kali ini, Presiden Jokowi didampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Baca Juga:  FLNKS Menegaskan Kepada Presiden Macron Tentang Tekad Mereka Untuk Merdeka Dari Prancis

Di PNG Jokowi bertemu Gubernur Jenderal Papua Nugini Sir Bob Dadae di Government House, Rabu (5/7/2023).

Dalam kunjungannya di Papua Nugini, Jokowi gelar pertemuan bilateral dengan PM Marape yang mana dilakukan Memorandum Saling Pengertian tentang Kerja Sama di Bidang Pendidikan Tinggi yang ditandatangani oleh Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dan Menteri Pendidikan Tinggi Papua Nugini Don Polye.

Baca Juga:  Rencana Pemindahan Makam Ondofolo Dortheys Hiyo Eluay, Melanggar Hukum Pidana dan Asas Administrasi Pemerintahan

Selain itu, Presiden hadiri pertemuan Forum bisnis dengan para pengusaha di PNG dan meluncurkan penerbangan perdana maskapai Citilink rute Denpasar Bali – Port Moresby.

Terkini

Populer Minggu Ini:

Satu Anggota Gugur di Bibida, TPNPB Umumkan Duka Nasional

0
"Panglima Kodap VIII Intan Jaya telah menyatakan bahwa prajurit TPNPB yang gugur dalam medan perang adalah anggota aktif Tentara Indonesia yang sudah bergabung selama empat bulan bersama TPNPB sebagai bukti dan bentuk jiwa patriotismenya atas nama perjuangan kemerdekaan bangsa Papua Barat, jiwa dan raga akan selalu dikenang oleh rakyat Papua," ujarnya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.