PasifikJokowi Kunjungi PNG Gelar Kerjasama Pendidikan Tinggi dan Forum Bisnis

Jokowi Kunjungi PNG Gelar Kerjasama Pendidikan Tinggi dan Forum Bisnis

Editor :
Elisa Sekenyap

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Presiden Joko Widodo usai kunjungannya ke Australia, ia melanjutkan kunjungannya ke Papua Nugini. Presiden beserta rombongan tiba di Bandara International Jacksons, Port Moresby, Papua Nugini pada, Rabu (5/7/2023) sekitar pukul 11.00 waktu setempat dengan Pesawat Kepresidenan Indonesia.

Baca Juga:  Prancis Mendukung Aturan Pemilihan Umum Baru Untuk Kaledonia Baru

Dalam kunjungannya itu, Presiden disambut Perdana Menteri (PM) Papua Nugini, James Marape.

Selain PM Marape tampak juga sejumlah menteri, yakni Menteri Acara Kenegaraan Justin Tkachenko, Gubernur Ibu Kota Negara Port Moresby, Powes Parkop, Kepala Sekretariat Departemen Pemerintahan Kantor PM dan NEC Ivan Pomaleu, Sekretaris Jenderal Departemen Luar Negeri Elias Wohengu, dan Panglima Angkatan Bersenjata Mayor Jenderal Mark Goina.

Dalam kunjungan kali ini, Presiden Jokowi didampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Baca Juga:  Seruan dan Himbauan ULMWP, Markus Haluk: Tidak Benar!

Di PNG Jokowi bertemu Gubernur Jenderal Papua Nugini Sir Bob Dadae di Government House, Rabu (5/7/2023).

Dalam kunjungannya di Papua Nugini, Jokowi gelar pertemuan bilateral dengan PM Marape yang mana dilakukan Memorandum Saling Pengertian tentang Kerja Sama di Bidang Pendidikan Tinggi yang ditandatangani oleh Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dan Menteri Pendidikan Tinggi Papua Nugini Don Polye.

Baca Juga:  Koalisi: Selidiki Penyiksaan Terhadap OAP dan Seret Pelakunya ke Pengadilan

Selain itu, Presiden hadiri pertemuan Forum bisnis dengan para pengusaha di PNG dan meluncurkan penerbangan perdana maskapai Citilink rute Denpasar Bali – Port Moresby.

Terkini

Populer Minggu Ini:

Orang Mee dan Moni Saudara, Segera Hentikan Pertikaian!

0
“Kami tegaskan, jangan terjadi permusuhan sampai konflik diantara orang Mee dan Moni. Semua masyarakat harus tenang. Jangan saling dendam. Mee dan Moni satu keluarga. Saudara dekat. Cukup, jangan lanjutkan kasus seperti ini di Nabire, dan di daerah lain pun tidak usah respons secara berlebihan. Kita segera damaikan. Kasus seperti ini jangan terulang lagi,” ujarnya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.