Nasional & DuniaRakyat Papua Diajak Fokus Doa Puasa Jelang KTT MSG

Rakyat Papua Diajak Fokus Doa Puasa Jelang KTT MSG

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Rakyat Papua diajak menyediakan waktu untuk doa puasa sehubungan dengan perjuangan United Liberation for West Papua (ULMWP) masuk sebagai anggota penuh Melanesian Spearhead Group (MSG).

“Saat ini ULMWP dan para simpatisan di Pasifik sedang berjuang keras agar aplikasi bangsa Papua Barat melalu ULMWP dapat diterima oleh pimpinan MSG dalam sidang tahunan KTT MSG yang rencananya digelar bulan Juli, tetapi ditunda pada bulan Agustus 2023,” kata Selpius Bobii, koordinator Jaringan Doa Rekonsiliasi untuk Pemulihan Papua (JDRP2), Sabtu (5/8/2023).

Baca Juga:  Menolong Perjuangan Hak Orang Papua, Pilot Philip Mehrtens Harus Dibebaskan!

Dalam rangka itu, seluruh rakyat Papua bersama simpatisan diminta mendukungnya dengan cara doa puasa.

“Warga bangsa Papua dan simpatisan di mana saja berada mari mendukung proses ini dengan doa puasa.”

Lanjut Selpius, “Kita diamkan hiruk-pikuk yang tak berguna, dan heningkan suasana batin kita pasrah kepada Tuhan, agar kehendak Tuhan yang terjadi dalam semua proses ini dalam kerangka pemulihan tanah air dan bangsa Papua.”

Di kota Jayapura, rakyat Papua wilayah Tabi hadiri ibadah dukungan ULMWP for full membership MSG yang diadakan di Expo Waena, Sabtu (5/8/2023) siang.

Baca Juga:  Pemerintah Dituding Aktor Perampas Tanah Adat Papua

Diberitakan sebelumnya, KTT MSG tahun ini akan digelar 17 hingga 21 Juli 2023 di Port Villa, Vanuatu. Namun, mengalami penundaan karena Solomon Islands, salah satu negara anggota MSG, belum bersedia hadir lantaran waktu pelaksanaannya bertabrakan dengan kegiatan kenegaraan.

Jotham Napat, Menteri Luar Negeri dan Wakil Perdana Menteri Vanuatu, mengatakan, penundaan hingga tanggal yang belum ditentukan merupakan hasil pertemuan para Menteri Luar Negeri MSG sambil menunggu konfirmasi dari masing-masing negara anggota.

Baca Juga:  Tiba di Sorong, Anies Bakal Dialog Isu Krusial di Tanah Papua

Napat mengaku telah menerima kepastian dari pemerintah Kepulauan Solomon yang tidak sejalan waktu pelaksanaannya. Karena itu, KTT MSG harus dijadwalkan ulang.

Diketahui, tahun 2015 status ULMWP diterima sebagai observer atau pengamat di MSG. ULMWP mengajukan aplikasi sebagai associate membership MSG terus diperjuangkan sejak 2019. Aplikasi diajukan ke sekretariat MSG untuk diproses lebih lanjut. []

Terkini

Populer Minggu Ini:

Leg Kedua Sore Ini di Biak, Persiraja Siap Dipulangkan PSBS

0
“Lawan Persiraja Banda Aceh di leg kedua menarik disaksikan. Bagi kami, target tiga poin sudah pasti. Kami mau berikan yang terbaik. Doakan kami agar pertandingan berjalan baik dan sudah pasti apa yang kami bisa kerjakan siap laksanakan di lapangan hijau,” ujar Regi Aditya Yonathan, pelatih kepala PSBS Biak.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.