Komite Nasional Papua BaratResmikan Honai KNPB Yalimo, Perjuangan Dilanjutkan

Resmikan Honai KNPB Yalimo, Perjuangan Dilanjutkan

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Komite Nasional Papua Barat (KNPB) wilayah Yalimo telah memiliki sekretariat tersendiri. Pembangunan sekretariat sebagai Honai rakyat yang baru diresmikan menandai perjuangan bangsa Papua untuk menentukan nasib sendiri tetap dilanjutkan dengan kekuatan rakyat Papua.

Demikian antara lain sambutan Theo Loho, ketua KNPB wilayah Yalimo, saat acara peresmian kantor sekretariat KNPB wilayah Yalimo, Rabu (6/9/2023) di Elelim, ibu kota kabupaten Yalimo.

“Persatuan adalah kekuatan kita untuk menuju pembebasan nasional bangsa Papua, maka terus kita membangun struktur gerakan perlawanan kita di seluruh basis wilayah sebagai kekuatan perjuangan politik bangsa Papua menuju hak penentu nasib sendiri,” ujar Loho.

Baca Juga:  Warga Tiom Ollo Duduki Kantor Bupati Lanny Jaya Minta Atasi Bencana Longsor

Theo Loho menyatakan, Honai (sekretariat) ini dibangun oleh rakyat untuk perjuangan bangsa Papua. Karena itu, rakyat Papua yang ada di wilayah Yalimo diajak agar berkumpul dan berpolitik dari dalam rumah ini demi perjuangan penentuan nasib sendiri.

Dalam siaran persnya, Theo menginformasikan, acara peresmian sekretariat KNPB dihadiri seluruh rakyat Papua yang terorganisir dalam 20 struktur gerakan perlawanan (sektor) KNPB wilayah Yalimo.

Baca Juga:  KNPB Yahukimo Desak Komnas HAM RI Libatkan Stakeholder Investigasi Kasus Kekerasan di Tanah Papua

Juga rakyat dari seluruh dusun turut hadir mengambil bagian dalam acara ini.

Tak terkecuali para tokoh adat, tokoh Gereja, tokoh perempuan, perwakilan Badan Pengurus Pusat KNPB, Nieuw Guinea Raad (NGR), serta seluruh simpatisan rakyat Papua yang ada di Yalimo.

“Pasukan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) juga hadir,” katanya.

Dikabarkan, prosesi peresmian sekretariat KNPB tersebut diawali dengan penjemputan massa dari setiap sektor. Setelah semua berkumpul, pembukaan acara dimulai yang kemudian diarahkan dalam doa pemberkatan kantor, penguntingan pita, dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan politik dari berbagai perwakilan.

Baca Juga:  DKPP Periksa Dua Komisioner KPU Yahukimo Atas Dugaan Pelanggaran KEPP

Nyanyian dan tari-tarian turut mewarnai hari yang ditunggu-tunggu, sebelum akhirnya acara ditutup dengan makan bersama. []

Terkini

Populer Minggu Ini:

Partai Demokrat se-Papua Tengah Jaring Bakal Calon Kepala Daerah Jelang Pilkada...

0
Grace Ludiana Boikawai, kepala Bappiluda Partai Demokrat provinsi Papua Tengah, menambahkan, informasi teknis lainnya akan disampaikan panitia dan pengurus partai Demokrat di sekretariat pendaftaran masing-masing tingkatan.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.